Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bertemu Raja Salman dan Putra Mahkota MBS, Erdogan Perbaiki Hubungan Turki-Arab Saudi

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 29 April 2022, 07:29 WIB
Bertemu Raja Salman dan Putra Mahkota MBS, Erdogan Perbaiki Hubungan Turki-Arab Saudi
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman berpelukan ketika bertemu di Jeddah pada 28 April 2022/Reuters
Kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke Arab Saudi menjadi tonggak sejarah baru hubungan kedua negara yang bersitengang dalam beberapa tahun terakhir.

Erdogan tiba di Arab Saudi pada Kamis (28/4), sebagai kunjungan tingkat tingginya pertama ke negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

Pemerintah Turki menyebut, Erdogan bertemu dengan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) dalam sebuah upacara resmi di Istana Al Salam, di Laut Merah, Jeddah.

Knjungan Erdogan merupakan undangan dari Raja Salman setelah berbagai upaya dilakukan kedua belah pihak untuk memperbaiki hubungan yang buruk.

Selama kunjungan tersebut, Erdogan dijadwalkan melakukan pertemuan empat mata mata dengan MBS.

Mengutip pejabat, Reuters menyebut hubungan dengan Arab Saudi sangat penting bagi Turki untuk memulihkan kembali ekonominya, khususnya inflasi yang menonjak menjelang pemilu tahun depan.

Hubungan antara Turki dan Arab Saudi buruk setelah jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi dibunuh di Istanbul pada 2018. Pada saat itu, Erdogan menuduh "tingkat tertinggi" pemerintah Saudi memberikan perintah pembunuhan.

Sebagai upaya memperbaiki hubungan, Turki telah memindahkan proses peradilan terkait kasus itu ke Arab Saudi. Langkah tersebut langkah dikecam oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia.

ARTIKEL LAINNYA