Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dari Korea Selatan hingga Ekuador, Banyak Negara Mulai Cabut Aturan Wajib Masker

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 29 April 2022, 08:52 WIB
Dari Korea Selatan hingga Ekuador, Banyak Negara Mulai Cabut Aturan Wajib Masker
Korea Selatan cabut aturan wajib pakai masker di luar ruangan/Net
Banyak negara di dunia mulai mencabut pembatasan Covid-19, termasuk aturan wajib memakai masker, seiring dengan situasi yang dinilai bisa terkendali.

Pemerintah Korea Selatan mengumumkan akan mencabut aturan wajib memakai masker di luar ruangan pada pekan depan meski kasus harian masih di level tinggi.

Perdana Menteri Korea Selatan, Kim Boo-kyum pada Jumat (29/4) mengatakan, aturan wajib masker di luar ruangan dicabut agar warga bisa belajar hidup bersama Covid-19, khususnya varian Omicron.

"Kami menyimpulkan bahwa kami tidak dapat lagi berpaling dari ketidaknyamanan yang dialami oleh warga di mana mereka harus tetap menggunakan masker bahkan ketika berjalan-jalan sendiri atau piknik bersama keluarga," kata Kim, seperti dikutip Reuters.

Kendati begitu, aturan memakai masker masih akan berlaku untuk kegiatan dengan lebih dari 50 peserta, kampanye, hingga konser.

Selain Korea Selatan, Ekuador juga akan segera mencabut aturan wajib masker, baik di dalam maupun luar ruangan.

Presiden Ekuador Guillermo Lasso mengatakan keputusan tersebut didasarkan pada tingkat vaksinasi yang sudah mencapai 87 persen di antara mereka yang berusia di atas 3 tahun. Di samping tingkat positif dari tes Covid-19 hanya 5 persen.

"Mulai hari ini di Ekuador, kewajiban menggunakan masker di ruang terbuka dan tertutup di semua wilayah nasional tidak lagi diwajibkan. Ini adalah indikator yang jelas bahwa kita praktis telah mengalahkan Covid-19," ujar Lasso pada Kamis (28/4).

Kolombia akan mencabut aturan wajib memakai masker untuk beberapa kegiatan di dalam ruangan mulai 1 Mei. Pada tanggal yang sama, Peru akan mencabut aturan memakai masker di luar ruangan.

Sementara kota-kota di Brasil, seperti Sao Paulo dan Rio de Janeiro sudah mengakhiri aturan wajib memakai masker di dalam ruangan sejak bulan lalu.

ARTIKEL LAINNYA