Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Guterres akan Kunjungi Afrika Barat, Soroti Dampak Konflik Ukraina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 30 April 2022, 06:02 WIB
Guterres akan Kunjungi Afrika Barat, Soroti Dampak Konflik Ukraina
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, saat mengunjungi daerah pinggiran kota Kiev, Bucha, pada Kamis, Jumat 29 April 2022/Net
rmol news logo Perang di Ukraina telah membawa dampak yang cukup serius bagi negara-negara berkembang seperti di Afrika.

Menyoroti laporan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) bahwa ada kekhawatiran krisis kelaparan global, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres akan mengunjungi beberapa negara Afrika Barat mulai akhir pekan ini.

Guterres dijadwalkan tiba Sabtu malam di Senegal untuk kunjungan resmi pada 1 dan 2 Mei. Dia akan menghadiri jamuan makan malam Ramadhan dengan Presiden Macky Sall, ketua Uni Afrika saat ini, seperti dilaporkan AFP, Jumat (29/4).

Dari Senegal, Guterres akan berada di Niger hingga 3 Mei dan di Nigeria pada 4 Mei. Ia akan bertemu dengan Presiden Niger Mohamed Bazoum dan rekannya dari Nigeria Muhammadu Buhari.

Tiga negara itu menjadi sorotannya untuk mengetahui sejauh apa konsekuensi dari invasi Rusia ke Ukraina di benua Afrika, menurut pernyataan PBB. Di tiga negara itu, ia akan bertemu dengan perwakilan masyarakat sipil dan pemimpin agama.

Guterres baru saja menyelesaikan kunjungannya ke Kiev pada Jumat (29/4), dan Moskow pada Rabu (27/4)

FAO memperkirakan kelaparan di Afrika Barat dan wilayah Sahel memburuk, membuat lebih dari dari 38 juta orang pada Juni akan kelaparan jika tidak ada tindakan yang diambil. Dua wilayah itu sangat bergantung pada biji-bijian dari Rusia dan Ukraina. Semenjak invasi 24 Februari, rantai pasokan mulai terganggu.

FAO telah mengingatkan sebelumnya bahwa gangguan ekspor akibat invasi 24 Februari, ditambah dengan sanksi internasional terhadap Rusia, telah memicu kekhawatiran krisis kelaparan global. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA