Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Putin dan Zelensky Sama-sama Untung Jika Penuhi Undangan Jokowi ke G20 Bali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 30 April 2022, 16:19 WIB
Putin dan Zelensky Sama-sama Untung Jika Penuhi Undangan Jokowi ke G20 Bali
(kiri-kanan) Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden RI Joko Widodo, dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Repro
rmol news logo Undangan untuk mengikuti KTT G20 kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin selayaknya dihadiri kedua kepala negara.

Menurut pengamat Ilmu Komunikasi Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sahid, Algooth Putranto, tawaran Presiden Joko Widodo untuk mengedepankan dialog harus dipahami sebagai upaya menciptakan perdamaian dunia.

“Zelenskyy dan Putin mestinya memenuhi undangan Presiden Jokowi untuk menghadiri ajang G20 di Bali. Bagi Presiden Putin, setidaknya ini bisa menyelamatkan muka Rusia setelah gagal dalam invasi ke Ukraina,” kata Algooth dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/4).

Bagi Presiden Zelenskyy, pertemuan tersebut sebagai kesempatan meraih perdamaian bagi negaranya. Bahkan, memungkinkan Ukraina meraih perhatian dalam bentuk investasi maupun bantuan langsung dari negara-negara anggota G20.

Undangan kepada kedua kepala negara menjadi pesan tegas Indonesia selaku presidensi G20 menolak perpecahan dalam KTT G20 nanti di Bali.

“Kehadiran Zelenskyy dan Putin bisa menjadi jawaban bagi Amerika dan negara-negara sekutunya di NATO. Bagaimana pun, gengsi NATO terselamatkan setelah tidak mampu secara bulat bersikap terhadap invasi Rusia ke Ukraina,” lanjutnya.

Sementara bagi Indonesia, kehadiran Zelenskyy dan Putin memperbesar kesempatan memperkenalkan organisasi G20 bagi masyarakat di dalam negeri yang memang kurang peduli sebagaimana hasil survei Lowy institute pada tahun 2020 dan 2021.

“Hasilnya menyedihkan, kurang dari 5% masyarakat menilai G20 itu penting. Nah kehadiran Zelenskyy ini akan menarik dan berpeluang membuat masyarakat kita ingin tahu apa itu negara Ukraina dan tentunya G20," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA