Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesawat AN-30 Rusia Masuki Wilayah Udara Swedia, NATO Bergerak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 01 Mei 2022, 10:32 WIB
Pesawat AN-30 Rusia Masuki Wilayah Udara Swedia, NATO Bergerak
Pesawat AN-30 milik Rusia/Net
rmol news logo Swedia melaporkan terjadinya pelanggaran di wilayah udaranya oleh pesawat militer Rusia. Insiden tersebut terjadi di atas Laut Baltik, dekat Pulau Bornholm pada Jumat malam (29/4) waktu setempat.

Angkatan Bersenjata Swedia mengatakan, sebuah pesawat AN-30 milik Rusia telah masuk sebentar ke wilayah udara Swedia, sebelum meninggalkan daerah tersebut.

Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist mengatakan itu adalah pelanggaran yang tidak dapat diterima dan tidak profesional, seperti dimuat 9News.

Insiden serupa juga sempat terjadi pada awal Maret, ketika empat pesawat tempur Rusia melanggar wilayah udara Swedia di atas Laut Baltik.

Pelanggaran tersebut terjadi ketika Swedia yang dikenal netral dan Finlandia sama-sama tengah mempertimbangkan diri menjadi anggota NATO. Keputusan untuk masuk ke dalam NATO dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

NATO juga telah dipaksa untuk mengerahkan jet tempur yang ditempatkan di dekat Laut Baltik dan Hitam dalam beberapa hari terakhir untuk melacak dan mencegat pesawat Rusia di dekat wilayah udara aliansi tersebut.

Polandia, Denmark, Prancis, Spanyol, Rumania, dan Inggris telah mengerahkan pesawat tempur untuk menyelidiki pesawat tak dikenal yang mendekati wilayah udara sekutu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA