Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tuding Telah Dimanipulasi Yunani, Turki Mundur dari Latihan Militer Tiger Meet

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 01 Mei 2022, 14:07 WIB
Tuding Telah Dimanipulasi Yunani, Turki Mundur dari Latihan Militer Tiger Meet
Militer Turki/Net
Turki telah menarik diri dari latihan militer gabungan "Tiger Meet" yang dijadwalkan dilakukan di Yunani pada 9-20 Mei mendatang.

Sumber-sumber keamanan pada Sabtu (30/4) mengatakan, keputusan tersebut dibuat lantaran Yunani menargetkan Turki dalam dokumen peraturan teknis jelang latihan militer tersebut.

Dikatakan, Yunani membuat tambahan teks seperti "menyalahgunakan ketidaksepakatan antara kedua negara" dalam dokumen tersebut.

Dikutip dari The New Arab, penambahan teks tersebut dinilai sengaja oleh Turki. Sehingga Angkatan Udara Turki memutuskan untuk menarik diri.

"Yunani memanipulasi Tiger Meet untuk kepentingan politiknya," kata otoritas Turki ketika memutuskan untuk mundur dari latihan militer tersebut pada 22 April.

Tiger Meet merupakan latihan militer yang digelar setiap tahun untuk mempromosikan solidaritas antara armada negara-negara yang berpartisipasi.

Yunani dan Turki sendiri adalah sekutu NATO tetapi saingan regional di Mediterania timur. Keduanya sering saling bertikai atas pelanggaran wilayah udara Aegea.

ARTIKEL LAINNYA