Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dua Jam Berbicara dengan Putin di Telepon, Macron Terus Membujuk agar Perang Dihentikan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 04 Mei 2022, 06:43 WIB
Dua Jam Berbicara dengan Putin di Telepon, Macron Terus Membujuk agar Perang Dihentikan
Presiden Emmanuel Macron/Net
Prancis terus menyerukan perdamaian dalam upayanya agar Rusia menghentikan perangnya di Ukraina.

Dalam panggilan telepon selama dua jam dengan Presiden Vladimir Putin, Presiden Emmanuel Macron menekankan perlunya gencatan senjata dan mengingatkan konsekuensi yang harus ditanggung atas perang tersebut.

"Saya telah meminta Rusia untuk memenuhi tanggung jawab internasionalnya sebagai anggota Dewan Keamanan PBB dengan mengakhiri serangan yang menghancurkan ini,” kata Macron dalam sebuah pernyataan, seperti yang disiarkan Istana Elysee pada Selasa (3/5), seperti dikutip dari Aljazeera.

Macron juga meminta Putin untuk memulai kembali evakuasi di Pabrik Azovstal yang terkepung. Sejauh ini pabrik tersebut menjadi tempat perlindungan bagi warga Ukraina di Mariupol yang diduduki Rusia.

Namun, agaknya percakapan telepon kedua pemimpin -yang pertama sejak Macron terpilih kembali pada 24 April- tidak memuaskan, tetapi ia mengatakan bahwa akan ada pertemuan puncak antara Putin dan Presiden AS Joe Biden.

Macron telah mengadakan beberapa panggilan dengan Putin sejak pecahnya perang dengan Ukraina pada 24 Februari.

Dia juga mengadakan pertemuan tatap muka dengan Putin di Moskow sebelum perang dimulai. Dia adalah salah satu dari sedikit pemimpin barat yang mempertahankan dialog berkelanjutan dengan Putin dalam upaya membujuknya untuk menerapkan gencatan senjata.

Menurut media setempat, sebelum percakapan dengan pemimpin Rusia, kepala negara Prancis bertemu di Istana Elysee dengan mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy untuk mendiskusikan beberapa topik yang akan dibahas bersama Putin.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA