Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ragukan Larangan Impor Minyak Rusia, Budapest: UE Belum Bisa Menjamin Keamanan Energi Hongaria

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 05 Mei 2022, 06:48 WIB
Ragukan Larangan Impor Minyak Rusia, Budapest: UE Belum Bisa Menjamin Keamanan Energi Hongaria
Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjarto/Net
Upaya Uni Eropa untuk menghentikan impor minyak Rusia mendapat kritik dari Pemerintah Hongaria, yang menganggap blok itu belum bisa memberi jaminan keamanan energi di negaranya.

Dalam sebuah pernyataan pada Rabu (4/5), pemerintah Hungaria mengatakan bahwa mereka tidak melihat rencana atau jaminan tentang bagaimana transisi dapat dikelola berdasarkan proposal saat ini, dan apa yang akan menjamin keamanan energi di Budapest.

Menurut AFP, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen menyarankan agar Hongaria dan Slovakia, dua negara yang sangat bergantung pada minyak Rusia, diberikan periode transisi tambahan untuk memastikan penerapan larangan yang tidak terlalu menyakitkan.

Penghapusan minyak Rusia telah disebut-sebut sebagai salah satu komponen sanksi putaran keenam UE terhadap Moskow, yang dibahas oleh perwakilan dari 27 negara anggota UE pada Rabu. Agar sanksi baru mulai berlaku, paket tersebut harus didukung dengan suara bulat.

Hongaria sebelumnya telah menentang usulan larangan impor minyak Rusia. Menteri Luar Negeri Peter Szijjarto menekankan pada Selasa (3/5) bahwa tidak mungkin bagi negaranya melakukan tindakan pelarangan.

"Saat ini secara fisik tidak mungkin untuk mengoperasikan Hongaria atau ekonomi Hongaria tanpa minyak Rusia," kata Szijjarto.

Beberapa sumber menyebutkan, Komisi Eropa bermaksud memberlakukan larangan impor minyak Rusia pada awal tahun depan dengan satu atau lain cara.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA