Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ada Lukisan Cerita Rakyat Odisha-Pattachitra di Tengah Pertemuan Modi dan Frederiksen

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 05 Mei 2022, 09:19 WIB
Kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi ke Denmark, yang pertama oleh perdana menteri India dalam 20 tahun, adalah bagian dari proses untuk memperkuat hubungan antara kedua negara.

Di hadapan Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen, Modi menyuarakan harapan untuk membuat kerja sama "lebih dinamis" di berbagai bidang seperti energi terbarukan, kesehatan, pelabuhan, perkapalan, ekonomi sirkular, dan pengelolaan air.

"Hari ini, kami telah menyepakati sejumlah langkah nyata, tentang energi hijau, air bersih, dan untuk menghadapi krisis kesehatan global berikutnya," kata Modi dalam pernyataannya.

Banyak hal yang dibicarakan kedua pemimpin di kediaman resmi Perdana Menteri Denmark yang asri di Mareinborg, yang menghadap ke Danau Bagsvaerd. Keduanya juga terlihat berjalan-jalan di halaman luas rumah pedesaan abad ke-18 itu.

“Kami juga telah menekankan kawasan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, inklusif, dan berbasis pemerintahan,” kata Modi.

Modi mencatat bahwa lebih dari 200 perusahaan Denmark beroperasi di India dan mendapat manfaat dari kemudahan melakukan bisnis dan reformasi ekonomi yang komprehensif.

“Sektor infrastruktur India dan industri energi hijau menghadirkan peluang besar untuk investasi bagi perusahaan Denmark dan Dana Pensiun Denmark,” kata  Modi.

Modi mendarat di Kopenhagen pada Selasa (3/5) dan disambut oleh Frederiksen di bandara bersama anggota diaspora India yang mengenakan pakaian tradisional Maharashtrian dengan rombongan 'dhol-tasha' di belakangnya.

Yang menarik, ketika  Frederiksen menunjukkan lukisan cerita rakyat Odisha-Pattachitra, hadiah dari Modi beberapa waktu lalu sebelum kunjungannya, yang tergantung di dinding rumahnya.

Frederiksen mengatakan ia nampak terkesan dengan lukisan tersebut, dan Modi mengisahkan bahwa Pattachitra bercerita tentang kekayaan budaya India dan Odisha, yang mencerminkan kekuatan India yang sedang tumbuh.
Beberapa pemimpin BJP top dari Odisha turun ke Twitter dan berbagi foto saat kedua perdana menteri berbagi momen tentang lukisan yang merangkum kekayaan budaya India tersebut.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA