Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sea Games ke-31, Vietnam Siap Jadi Tuan Rumah yang Adil Bagi Seluruh Negara Peserta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 05 Mei 2022, 10:59 WIB
Sea Games ke-31, Vietnam Siap Jadi Tuan Rumah yang Adil Bagi Seluruh Negara Peserta
Ilustrasi/Net
rmol news logo Untuk kedua kalinya Vietnam menjadi tuan rumah pagelaran SEA Games. Tahun ini, Pesta Olahraga Asia Tenggara itu akan diselenggarakan pada 12-23 Mei, dengan Hanoi akan menjadi lokasi sentral acara ini.

Semula, SEA Games 31 dijadwalkan pada November dan Desember 2021. Namun, terpaksa ditunda karena pandemi Covid-19. Upacara pembukaan akan dilakukan pada pukul 8 malam pada tanggal 12 Mei di Stadion My Dinh, dengan 10.000 atlet diproyeksikan bersaing dalam 40 cabang olahraga.

Selain Hanoi, ada 11 provinsi terdekat yang akan ikut menyokong penyelenggaraan pesta olah raga dua tahunan yang sempat tertunda karena adanya pamdemi Covid-19. Provinsi tersebut di antaranya Bac Ninh, Hai Duong, Hai Phong, Quang Ninh, Ha Nam, Nam Dinh, Ninh Binh, Hoa Binh, Vinh Phuc, Phu Tho, dan Bac Giang.

Peserta SEA Games saat ini mencakup sebelas negara di kawasan geografis Asia Tenggara, termasuk Brunei, Myanmar, Kamboja, Timor-Leste, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

"Sebagian besar dari 40 cabang olahraga yang termasuk dalam SEA Games 31 adalah cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade, dengan tambahan cabang olahraga seperti vovinam, pencak silat, dan wushu," menurut rilis yang diterima redaksi.

Masing-masing pencak silat nasional berasal dari Vietnam, Indonesia, dan China.

Negara tuan rumah SEA Games diperbolehkan untuk menghapus atau menambah cabang olahraga dan acara sesuai dengan kekuatan dan kelemahan negaranya sendiri. Namun, Vietnam telah berjanji untuk menjadi tuan rumah pertandingan yang sesuai dengan kekuatan semua negara peserta, tidak menghilangkan acara Olimpiade sama sekali, untuk membuat SEA Games 31 adil bagi semua peserta.

Memiliki slogan “Untuk Asia Tenggara yang Lebih Kuat” SEA Games 31 menandai deklarasi solidaritas bagi komunitas ASEAN secara keseluruhan dan merupakan kebanggaan bagi kebangkitan identitas kawasan di panggung internasional.

Ini juga akan menandai terobosan bagi pariwisata di Vietnam serta seluruh kawasan Asia Tenggara.

Kehormatan menjadi tuan rumah SEA Games menandai pencapaian penting dalam olahraga Vietnam secara keseluruhan di tingkat global. Negara ini terus berkembang sebagai pemimpin regional dalam atletik. Tahun ini, Vietnam dianggap sebagai pesaing kuat untuk medali emas dalam kategori seperti anggar dan sepak bola pria dan wanita.

Hampir semua renovasi dan peningkatan infrastruktur, tempat acara, dan fasilitas lainnya selesai pada batas waktu 15 Maret. Daftar fasilitas akomodasi diumumkan pada pertemuan baru-baru ini antara Kementerian Keamanan Publik dan Kementerian Transportasi.

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata telah bekerja sejak September 2021 untuk mempersiapkan stadion dan fasilitas akomodasi untuk SEA Games 31. Beberapa pengembangan tersebut antara lain Gia Lam Gymnasium, Hoai Duc Gymnasium, dan My Dinh Stadium di Hanoi.

Gimnasium Gia Lam akan menjadi tuan rumah pertandingan gulat, sedangkan Gimnasium Hoai Duc akan menjadi tuan rumah kontes Judo dan Kurash. Sementara Stadion My Dinh yang memiliki kapasitas 40.000 akan menjadi tuan rumah upacara pembukaan SEA Games, acara trek dan lapangan, dan semifinal serta final turnamen cabang olah raga sepak bola.

Vietnam telah memutuskan tidak akan membangun kampung atlet dan akan menempatkan seluruh atlet peserta untuk menginap di hotel dekat tempat pertandingan.

Demi menjaga keamanan dan keselamatan atlet dari Covid-19, seluruh atlet dan ofisial harus memasuki Vietnam dengan tes PCR Covid-19 negatif dan tes cepat lagi dalam waktu 24 jam setelah masuk dan sebelum bertanding.

Sementara penonton tidak diwajibkan menunjukkan hasil tes covid negatif untuk masuk, tetapi kapasitas venue akan ditentukan oleh situasi Covid-19 real-time di setiap lokasi.

Banyak daerah tuan rumah SEA Games 31 telah didorong untuk menawarkan tiket gratis kepada penonton dalam semangat solidaritas dan upaya untuk benar-benar mewujudkan slogan acara, “Untuk Asia Tenggara yang lebih kuat.” rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA