Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hindari Campur Tangan Rusia, NATO Tingkatkan Keamanan di Perbatasan Swedia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 06 Mei 2022, 08:40 WIB
Hindari Campur Tangan Rusia, NATO Tingkatkan Keamanan di Perbatasan Swedia
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg/Net
rmol news logo NATO akan meningkatkan kehadirannya di sekitar perbatasan Swedia. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan peningkatan itu harus dilakukan untuk melindungi negara itu dari campur tangan Rusia selama proses keanggotaan Swedia sedang berjalan. Peningkatan keamanan juga dilakukan di sekitar laut Baltik.

Sejak Swedia menyatakan keinginannya untuk bergabung dengan NATO, aliansi memiliki kewajiban untuk menjamin keamanan Swedia, menurut Stoltenberg.

Selama ini Swedia dan Finlandia berada di luar aliansi. Namun, situasi ketegangan yang meningkat belakangan ini di Ukraina, juga latar belakang pencaplokan Krimea oleh Rusia pada 2014, membuat keduanya memutuskan untuk segera bergabung dengan NATO.

Kedua negara mencari jaminan perlindungan militer selama proses aplikasi. Ini mungkin bisa memakan waktu hingga satu tahun untuk disetujui oleh semua anggota NATO.

“Saya yakin bahwa kami akan menemukan solusi untuk kebutuhan keamanan yang akan dimiliki Swedia dalam masa transisi,” kata Stoltenberg kepada SVT, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (5/5).

Moskow telah memperingatkan Swedia dan Finlandia tentang "konsekuensi serius" dan bahwa mereka dapat mengerahkan senjata nuklir dan rudal hipersonik di eksklave Eropa Kaliningrad jika Swedia dan Finlandia menjadi anggota NATO.

Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde mengatakan AS telah memberikan Swedia 'jaminan keamanan' sejak masa pengajuan keanggotaan, meskipun belum sepenuhnya. Sebab, hanya anggota penuh yang mendapat manfaat dari Pasal 5 NATO, bahwa serangan terhadap satu anggota adalah serangan terhadap semua anggota. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA