Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bela Demokrasi, Lula da Silva Siap Lawan Bolsonaro di Pilpres Brasil

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 08 Mei 2022, 09:50 WIB
Bela Demokrasi, Lula da Silva Siap Lawan Bolsonaro di Pilpres Brasil
Calon presiden Brasil, Luis Inacio Lula da Silva/Net
Luis Inacio Lula da Silva, seorang mantan presiden sayap kiri Brasil, telah mengumumkan pencalonannya kembali sebagai presiden untuk pilpres pada Oktober mendatang.

Pengumuman pencalonannya dilakukan Lula pada Sabtu (7/5). Ia menyerukan agar rakyat Brasil bersatu di belakangnya untuk membela demokrasi yang semakin tergerus di bawah pemerintahan Presiden Jair Bolsonaro dari sayap kanan.

"Momen paling serius yang dialami negara ini memaksa kita untuk mengatasi perbedaan kita dan membangun jalan alternatif menuju ketidakmampuan dan otoritarianisme yang mengatur kita," kata Lula, seperti dikutip Reuters.

Tanpa menyebut nama Bolsonaro, Lula mengatakan kepada para pendukungnya di sebuah pertemuan bahwa "musuhnya" tidak dapat memerintah dan terus-menerus berbohong kepada negara untuk menyembunyikan ketidakmampuannya.

"Kami ingin bergabung dengan para demokrat dari semua posisi politik, kelas, ras dan keyakinan agama untuk mengalahkan ancaman totaliter, kebencian, kekerasan dan diskriminasi yang menggantung di negara kami," tambah dia.

Pertemuan itu disebut sebagai "pra-peluncuran" alih-alih kampanye, untuk mematuhi UU pemilu Brasil di mana kampanye resmi pilpres dimulai pada Agustus.

Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan Lula mempertahankan keunggulannya atas Bolsonaro.

Lula mengatakan dia telah membentuk aliansi dari tujuh partai kiri-tengah, dan telah memilih mantan gubernur Sao Paulo Geraldo Alckmin sebagai pasangannya untuk menarik pemilih moderat yang tidak senang dengan pemerintahan Bolsonaro.

Lula menjabat sebagai presiden selama dua periode pada 2003 hingga 2010. Ketika itu, ia menekankan Brasil memiliki prestasi hebat karena ekspor yang luar biasa dan berhasil mengangkat jutaan orang dari kemiskinan.

ARTIKEL LAINNYA