Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diduga Milik Putin, Kapal Pesiar Super Mewah Disita Pemerintah Italia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 08 Mei 2022, 10:30 WIB
Diduga Milik Putin, Kapal Pesiar Super Mewah Disita Pemerintah Italia
Kapal pesiar Scheherazade/Net
rmol news logo Megayacht mewah yang diduga milik Presiden Rusia Vladimir Putin, Scheherazade, dilaporkan telah disita oleh pemerintah Italia pada awal pekan ini.

Selama dua tahun terakhir, kapal pesiar bernilai 703 miliar dolar AS itu tengah diperbaiki di Marina, Carrara, pantai utara Tuscany. Namun pada Selasa (3/5), Scheherazade disita ketika memulai pelayarannya.

Penyitaan dilakukan atas perintah yang ditandatangani oleh Menteri Ekonomi Daniele Franco. Kemudian pada Jumat (6/5), polisi Italia memberi tahu awak bahwa kapal tidak bisa berlayar.

Pada awalnya, muncul laporan bahwa pemilik kapal memiliki hubungan dengan Putin. Sehingga kapal tersebut berusaha melarikan diri dari perairan Eropa demi menghindari sanksi Barat kepada Rusia.

Namun berdasarkan penyelidikan sejak Maret, Kementerian Ekonomi dan Keuangan Italia mengungkap kapal itu memiliki hubungan hubungan ekonomi dan bisnis yang signifikan dengan elemen-elemen penting dari pemerintah Rusia dan dengan pihak lain yang dikenai sanksi Uni Eropa.

The New York Times melaporkan bahwa pejabat AS menyebut Putin sebagai salah satu "elemen penting" itu.

Ia menambahkan pemilik superyacht adalah orang yang "mengancam perdamaian dan keamanan internasional" dan yang tindakannya merusak atau mengancam "integritas teritorial, kedaulatan, dan kemerdekaan Ukraina".

Dalam pernyataan itu, kementerian tidak mengungkapkan nama pemilik kapal, karena hal itu perlu dilaporkan kepada Dewan Eropa terlebih dahulu.

Namun kementerian mengatakan meminta Dewan Eropa menambahkan nama pemilik ke daftar sanksi mereka.

Dalam beberapa pekan terakhir, media Italia melaporkan bahwa Scheherazade sebenarnya dimiliki oleh mantan kepala perusahaan minyak Rusia Rosneft, Eduard Khudainatov, yang saat ini tidak dikenakan sanksi apapun. Taipan minyak Rusia itu diduga terkait dengan Igor Sechin yang merupakan sahabat dekat Putin dan saat ini dikenai sanksi.

Sementara itu, laporan New York Times meyebut kapten kapal membantah superyacht itu dimiliki atau digunakan Putin.

Scheherazade memiliki tinggi 459 kaki, yang dilengkapi dengan enam dek, dua helipad, gym judo, akuarium lima meter, kolam renang yang berubah menjadi lantai dansa, hingga kamar mandi berhias emas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA