Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Miliki Jumlah Suara yang Sama, 2 Caleg Inggris Tentukan Pemenang Lewat Lempar Koin

LAPORAN: SULTHAN NABIL HERDIATMOKO
  • Minggu, 08 Mei 2022, 16:26 WIB
Miliki Jumlah Suara yang Sama, 2 Caleg Inggris Tentukan Pemenang Lewat Lempar Koin
Ilustrasi /Net
Tidak ada yang menduga bahwa pemilihan legislator lokal di Inggris pada ujungnya akan diputuskan oleh lempar koin.

Outlet media negara bagian Wales, The National pada Jumat (6/5) melaporkan hasil pemenang calon legislator untuk kabupaten Llanfoist Fawr dan Govilon diputuskan pada undian.

Kandidat pemilihan Bryony Nicholson nyaris gagal merebut mayoritas keseluruhan di Dewan Kabupaten Monmouthshire, setelah lemparan koin.

Nicholson dari partai Buruh dan lawannya, Tomos Davies dari Konservatif (Partai Tory) menyelesaikan pertandingan dengan perolehan 679 suara masing-masing, pada akhirnya memaksakan mereka untuk melakukan tos koin.

Nicholson menebak kepala pada lemparan koin itu. Namun.... hasilnya keluar ekor, tentunya memenangkan calon Tory si Davies.
Momen menegangkan di ruang pemilihan pun terekam kamera dan disebarluaskan di Twitter.
“Apa yang bisa saya katakan? Orang-orang yang mengatakan kepada saya, 'Saya tidak bisa membuat perbedaan' - jika Anda memilih, itu tidak akan menjadi lemparan koin," ujar Nicholson dengan nada kesal kepada The National, dimuat oleh NDTV, Minggu (8/5).

Namun Nicholson juga melanjutkan dengan mengatakan bahwa, secara keseluruhan jumlah pemilihnya sudah bagus dibandingkan tahun-tahun lalu. Dia berterima kasih kepada semua orang yang sudah melakukan voting.

Namun, kejadian itu bukanlah berita buruk bagi popularitas partai Buruh di Wales.

Menurut BBC, sementara mereka tidak mencapai tujuan mereka di Monmouthshire, Partai Buruh berhasil menguasai wilayah utama London untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Mereka merayakan kemenangan bersejarah di Westminster City, mendapatkan kendali untuk pertama kalinya sejak pembentukan partai pada tahun 1964.

BBC juga melaporkan bahwa Partai Buruh juga tetap menjadi partai terbesar di Wales, sekarang mengendalikan delapan dari 22 dewan county.

ARTIKEL LAINNYA