Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tidak Hanya Ibu Negara AS, Ternyata Trudeau Juga Kunjung Dadakan ke Ukraina

LAPORAN: SULTHAN NABIL HERDIATMOKO
  • Minggu, 08 Mei 2022, 22:42 WIB
Tidak Hanya Ibu Negara AS, Ternyata Trudeau Juga Kunjung Dadakan ke Ukraina
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (tengah) bersama Walikota Irpin Oleksandr Markushyn (kanan) di Irpin, Minggu (8/5) /Net
Baru saja dikunjungi oleh Ibu Negara AS Jill Biden, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau ternyata juga ikut melakukan kunjungan dadakan ke Ukraina.

Berbeda dengan Jill yang menemui timpalan Ukraina-nya di Uzhhorod, Ukraina Barat, Trudeau melakukan kunjungan mendadaknya ke Irpin pada hari Minggu (8/5).

Irpin adalah pinggiran kota Kyiv yang ditargetkan dalam upaya Rusia untuk merebut ibu kota Kyiv. Disana, Trudeau bertemu Walikota Irpin Oleksandr Markushyn.

"Saya baru saja mendapat kehormatan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang datang ke Irpin untuk melihat dengan mata kepala sendiri semua kengerian yang disebabkan oleh penduduk Rusia terhadap kota kami," kata Markushyn di saluran Telegramnya, dikutip oleh Daily Mail, Minggu (8/5).

Markushyn memposting foto Trudeau berjalan-jalan dengan panglima militer Ukraina dan mengamati kerusakan di kompleks apartemen yang dibombardir.

Walikota Irpin itu mengatakan bahwa Trudeau terkejut dengan kerusakan yang dia lihat di rumah-rumah warga sipil.

Sebelum sampai disana, Kantor Trudeau mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia berada di Ukraina untuk bertemu dengan Presiden Zelensky dan menegaskan kembali dukungan Kanada ‘yang tak tergoyahkan untuk rakyat Ukraina’.

Trudeau terbang pada Sabtu malam dan diperkirakan akan menghabiskan satu hari di Ukraina, menurut media Kanada  The Toronto Star.

Kanada layaknya seperti anggota NATO lainnya, telah menunjukkan dukungannya untuk Ukraina dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan dan senjata saat invasi Rusia memasuki minggu kesepuluh.

Di hari Minggu ini, Trudeau telah bergabung dengan beberapa pemimpin dunia lainnya termasuk Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres yang baru-baru ini berkunjung ke Kyiv setelah Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal menganggap aman untuk menjadi tuan rumah kunjungan politik.

Jill Biden juga melakukan kunjungan di hari yang sama ke bagian barat Ukraina, di mana dia bertemu dengan timpalannya dari Ukraina Olena Zelensky.

“Saya ingin datang pada Hari Ibu. Saya pikir penting untuk menunjukkan kepada rakyat Ukraina bahwa perang brutal ini harus dihentikan dan rakyat Amerika Serikat mendukung rakyat Ukraina," katanya.

ARTIKEL LAINNYA