Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemilu Dimulai, Warga Filipina Sudah Antre Berikan Suara di TPS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 09 Mei 2022, 10:27 WIB
Pemilu Dimulai, Warga Filipina Sudah Antre Berikan Suara di TPS
Warga Filipina mengantre untuk memberikan suaranya pada Senin, 9 Mei 2022/AFP
rmol news logo Filipina menggelar pesta demokrasi pada hari ini, Senin (9/5). Puluhan juta pemilih yang terdaftar akan memberikan suaranya untuk para pemimpin baru, termasuk presiden, wakil presiden, senator, parlemen, hingga kepala daerah.

Menurut laporan Channel News Asia, tempat pemungutan suara (TPS) telah dibuka secara serentak pada pukul 6 pagi, dan akan ditutup pada 7 malam waktu setempat.

Terlihat sejumlah pemilih sudah mengantre di berbagai titik TPS yang tersebar di penjuru negeri.

Data dari Komisi Pemilihan Umum (COMELEC) menunjukkan ada sekitar 65,7 juta pemilih terdaftar di Filipina, dengan 1,69 juta lainnya di luar negeri.

Di tingkat nasional, para pemilih akan memutuskan siapa yang akan menggantikan Presiden Rodrigo Duterte dan Wakil Presiden Maria Leonor "Leni" Robredo.

Pertarungan untuk memperebutkan kursi presiden dihadapi oleh 10 kandidat. Leni menjadi perempuan satu-satunya. Sedangkan calon terdepan adalah Ferdinand “Bongbong” Marcos Jr, satu-satunya putra mendiang Presiden Ferdinand E Marcos.

Banyak yang menilai pemilu kali ini hanya pertarungan antara Bongbong dan Leni, sebagai dua pesaing teratas dalam berbagai survei.

Di samping keduanya, terdapat Walikota Manila, Francisco "Isko Moreno" Domagoso dan mantan petinju profesional yang saat ini menjadi senator, Manny Pacquiao.

Laporan AFP menyebut Bongbong telah memberikan suaranya di TPS Mariana Marcos Memorial Elementary School di Batac, Ilocos Norte.

Bongbong tidak sendiri, mantan ibu negara Imelda Marcos juga ikut memberikan suaranya di sekolah yang disulap menjadi TPS itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA