Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Akui Tentara Pembebasan Rakyat Gelar Latihan Militer di Dekat Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 09 Mei 2022, 10:54 WIB
China Akui Tentara Pembebasan Rakyat Gelar Latihan Militer di Dekat Taiwan
Ilustrasi/Net
rmol news logo China mengaku telah kembali menggelar latihan militer di dekat Taiwan pada pekan lalu. Seiring dengan meningkatnya pelanggaran terhadap zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan oleh Beijing.

Tentara Pembebasan Rakyat pada Senin (9/5) mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya telah menggelar latihan angkatan laut dan udara pada Jumat (6/5) hingga Minggu (8/5) di timur dan barat daya Taiwan.

Dikatakan latihan itu untuk menguji lebih lanjut dan meningkatkan kemampuan tempur gabungan dari berbagai layanan dan senjata.

Menanggapi hal itu, Angkatan Udara Taiwan mengerahkan pesawat pada Jumat untuk memperingatkan 18 pesawat China yang memasuki ADIZ.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan China mengerahkan pesawat pengebom, pesawat tempur, dan pesawat anti-kapal selam.

Dimuat The Globe and Mail, tidak ada tembakan yang dilepaskan dan pesawat China hanya terbang di ADIZ, bukan wilayah udara Taiwan.

Taiwan telah meningkatkan kewaspadaannya sejak Rusia menginvasi Ukraina, khawatir China melakukan langkah serupa.

China mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya. Sementara Taiwan yang memiliki pemerintahannya sendiri menolak hal itu dan mengatakan mereka berhak memutuskan masa depan sendiri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA