Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Saifuddin: Malaysia Tak Berpihak, Rusia-Ukraina Harus Akhiri Konflik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 09 Mei 2022, 11:45 WIB
Menlu Saifuddin: Malaysia Tak Berpihak, Rusia-Ukraina Harus Akhiri Konflik
Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah/Net
rmol news logo Malaysia dengan tegas memantapkan diri menyatakan posisinya yang tidak berpihak dalam konflik antara Rusia dan Ukraina.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Saifuddin Abdullah kepada wartawan pada Sabtu (7/5), seperti dikutip The Star.

"Kami terus mendorong kedua belah pihak untuk mengakhiri konflik ini," ujarnya.

Saifuddin mengungkap, saat ini ada beberapa pihak yang sedang bekerja untuk merumuskan gencatan senjata dan mengirimkan bantuan kemanusiaan.

Meski mengecam segala tindakan agresi yang mengancam prinsip kedaulatan dan keutuhan negara, ia mengatakan, Malaysia juga tidak mengenal sanksi sepihak.

Untuk itu, ia mendorong agar pemberlakuan sanksi terhadap Rusia dapat dilakukan melalui Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)>

“Kalau ada sanksinya harus melalui PBB, dan kalau resolusinya disahkan oleh PBB, maka sebagai anggota PBB harus menghormati dan menaatinya,” jelasnya.

Presiden Rusia Vladimir Putin meluncurkan apa yang ia sebut sebagai operasi militer khusus ke Ukraina pada 24 Februari. Perang semakin sengit dan memicu krisis pengungsi, di samping merenggut nyawa lebih dari 3.000 warga sipil. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA