Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Gandeng Orkestra Terbesar di Dunia, KBRI Caracas Bawakan "Manuk Dadali" Pakai Angklung dan Kolintang

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 09 Mei 2022, 11:58 WIB
Gandeng Orkestra Terbesar di Dunia, KBRI Caracas Bawakan
Penampilan tim angklung dan kolintang KBRI Caracas bersama orkestra El Sistema dalam Konser Musik ASEAN di el Centro Nacional Acción Social por la Musica, Caracas, Venezuela/Ist
Selalu ada cara untuk memperkenalkan keindahan budaya Indonesia kepada dunia. Musik sendiri menjadi salah satu bahasa universal yang ampuh.

Baru-baru ini, KBRI Caracas mempersembahkan penampilan istimewa dengan memperkenalkan seni angklung dan kolintang.

Tidak main-main, KBRI bahkan menggandeng orkestra terbesar di dunia, El Sistema, untuk membawakan sejumlah lagu, seperti Manuk Dadali.

Persembahan itu dilakukan selama Konser Musik ASEAN di el Centro Nacional Acción Social por la Musica, Caracas, Venezuela, seperti dimuat dalam keterangan yang diterima redaksi pada Senin (9/5).

Di hadapan 400 penonton yang berdecak kagum, penampilan tim KBRI Caracas dan El Sistema memanjakan mata dan telinga.

Selain Manuk Dadali, mereka juga menampilkan Moliendo Café. Itu adalah lagu tradisional Venezuela yang juga sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dengan judul Kopi Dangdut.

Lagu tersebut pun menjadi penanda bahwa musik dapat mempersatukan kedua masyarakat, terlepas dari letak geografis yang jauh.

Menurut Duta Besar RI di Caracas, Imam Edy Mulyono, promosi pariwisata merupakan bagian dari upaya KBRI untuk memulihkan kembali sektor pariwisata yang tekena dampak pandemi Covid-19.

“Promosi ini juga dilakukan untuk meningkatkan citra serta pengetahuan masyarakat Venezuela terhadap Indonesia, serta hubungan dengan pemerintah Venezuela, mengingat Indonesia kali ini berpartisipasi sebagai tamu kehormatan (guest of honor)," tambahnya.

Selain penampilan memukau dari tim angklung dan kolintang, KBRI Caracas juga menggelar pameran pojok seni budaya Indonesia.

Pameran tersebut secara khusus disambangi oleh Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela, Capaya Rodriguez.

ARTIKEL LAINNYA