Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Zelensky: 60 Warga Sipil Tewas dalam Pemboman Sekolah

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 09 Mei 2022, 14:44 WIB
Zelensky: 60 Warga Sipil Tewas dalam Pemboman Sekolah
Asap mengepul di atas pabrik Azovstal Iron and Steel Works selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina 8 Mei 2022/Net.
Sebanyak 60 orang dilaporkan tewas ketika bom menghantam sebuah sekolah di timur Ukraina. Gubernur regional pada Minggu (8/5) waktu setempat mengumumkan peristiwa itu, saat pasukan Rusia masih terus melancarkan tembakannya.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (7/5). Gubernur wilayah Luhansk, Serhiy Gaidai, mengatakan pasukan Rusia telah membom sekolah di Bilohorivka, tempat sekitar 90 orang berlindung, kemudian membakarnya.

"Tiga puluh orang dievakuasi dari puing-puing, tujuh di antaranya terluka. Enam puluh orang kemungkinan tewas," tulis Gaidai di aplikasi pesan Telegram, menambahkan bahwa dua mayat telah ditemukan.

Ukraina kembali mengklaim bahwa Moskow sengaja menargetkan warga sipil. Sampai saat ini belum ada tanggapan dari pihak Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pesan videonya pada KTT G20, Minggu, mengatakan 60 warga sipil tewas dalam pemboman tersebut. Ia juga menyampaikan duka cita dan keprihatinannya, seperti dikutip dari DW.

"Baru kemarin, di Desa Bilohorivka, wilayah Luhansk, sebuah bom Rusia menewaskan 60 orang warga sipil," kata Zelensky.

Tim penyelamat tidak dapat bekerja semalaman karena ancaman serangan baru tetapi melanjutkan pekerjaan mereka pada hari Minggu untuk mengevakuasi para korban.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA