Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Telah Kucurkan 3 Miliar Dolar AS ke Sri Lanka pada Tahun Ini, Asia Selatan dan Tenggara Juga Kebagian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sulthan-nabil-herdiatmoko-1'>SULTHAN NABIL HERDIATMOKO</a>
LAPORAN: SULTHAN NABIL HERDIATMOKO
  • Senin, 09 Mei 2022, 23:02 WIB
India Telah Kucurkan 3 Miliar Dolar AS ke Sri Lanka pada Tahun Ini, Asia Selatan dan Tenggara Juga Kebagian
Ilustrasi /Net
rmol news logo Melewati program Neighbour First India, bantuan dana India menuju Sri Lanka dalam waktu tahun ini dinyatakan senilai dengan bantuan New Delhi kepada Afghanistan hingga saat ini, nilainya ditaksir hampir 3 miliar dolar AS.

Bantuan itu dalam bentuk pinjaman, jalur kredit, dan pertukaran kredit, guna memerangi krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya disana.

Bantuan tersebut mencakup batas kredit 1 miliar dolar AS untuk kebutuhan pokok, 500 juta kredit untuk produk minyak bumi, 400 juta swap mata uang dan lebih dari 1 miliar di bawah Asian Clearing Union Framework.

Di bawah bantuan ini India juga telah mengirimkan bahan makanan termasuk beras kepada mereka.

Disamping Sri Lanka, India juga terus menyediakan gandum, obat-obatan yang menyelamatkan jiwa, dan persediaan lainnya kepada rakyat Afghanistan di saat-saat sulit ini.

India, yang merupakan salah satu donor bilateral terbesar di Afghanistan secara global, dan terbesar di kawasan itu. New Delhi telah membangun saluran listrik, jalan, bendungan, fasilitas irigasi, sekolah dan rumah sakit di negara yang dilanda perang itu.
India juga baru-baru ini mengalokasikan dukungan anggaran untuk negara-negara Asia Selatan.

Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman telah mengalokasikan 2,22 miliar Dolar AS untuk program Kementrian Luar Negeri itu, di mana 811 juta dolar AS di antaranya dimaksudkan sebagai bantuan pembangunan untuk tetangganya.

Ini termasuk 299 juta dolar AS untuk Bhutan, 96 juta untuk Nepal dan 77 juta untuk Myanmar.

Di antara tetangga lainnya, Maladewa akan mendapatkan 46 juta dolar AS, Bangladesh 38 juta dan Sri Lanka 25 juta dalam bantuan pembangunan.

Pemerintah juga secara terpisah menyediakan 826 juta dolar AS untuk mendanai kerjasama teknis dan ekonomi dengan negara lainnya.
Pembicara Maladewa Mohamed Nasheed yang berada di India baru-baru ini datang ke Dialog Raisina, sebuah konferensi tahunan mengenai kebijakan geolopolitik India, menyatakan dirinya sangat mendukung program dana New Delhi tersebut.

Dia mengatakan bahwa bantuan India terhadap Malvides itu bersifat transparan dan mengisyaratkan bahwa warga Maladewa puas karena mereka tahu itu akan memberikan mata pencaharian, bukan menjerat.

Presiden Maladewa Ibrahim Solih juga sangat mendalami pengamatannya dan memuji tentang bantuan India itu.

"Dalam dua tahun terakhir, India telah dengan murah hati membantu kami dalam banyak kesempatan. India menyumbangkan jumlah vaksin paling banyak. India membeli obligasi keuangan senilai 250 juta dolar AS untuk membantu memulihkan ekonomi kami. Kami menerima banyak peralatan dari India yang penting untuk memberikan layanan kesehatan," ujar Solih dalam pidato nasional pada bulan Maret tahun ini, dikutip oleh India Narrative, Senin (9/5).

Apa yang berperan adalah kebijakan Neighborhood First India yang dirancang untuk membangun hubungan persahabatan dan mencapai tujuan pembangunan yang saling menguntungkan di Asia Selatan.

"Bantuan India biasanya non-preskriptif dan jinak. Ada perbedaan kualitatif ketika India memberikan bantuan. Kami telah melakukannya sejak tahun lima puluhan tetapi pada saat itu kami akan memberikan lebih sedikit dana. bantuan tetapi memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas dalam ukuran yang baik,” kata Achal Malhotra, Mantan duta besar India untuk Armenia dan Georgia.

Dia menambahkan bahwa di bawah kebijakan Neighborhood First, India memberikan bantuan untuk membantu mengembangkan infrastruktur dan "memberikan pelatihan kepada birokrat".

"Bantuan pembangunan kami adalah alat kebijakan luar negeri untuk menghasilkan niat baik dan meningkatkan hubungan politik dengan tetangga-tetangga kami," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA