Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

China Kepung Taiwan, PLA Kerahkan Jet Tempur dan Kapal Perang di Sekeliling Pulau Formosa

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 10 Mei 2022, 10:33 WIB
China Kepung Taiwan, PLA Kerahkan Jet Tempur dan Kapal Perang di Sekeliling Pulau Formosa
Ilustrasi/Net
Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China dilaporkan telah mengepung Taiwan dengan kapal perang dan pesawat tempurnya dalam bagian latihan militer selama beberapa hari terakhir.

Dari media lokal, PLA dikatakan telah mengirim lebih banyak jenis jet tempur dan kapal perang dari dartan China ke sekeliling pulau Taiwan.

Armada Laut PLA sendiri mengerahkan kapal induk Liaoning, kapal perusak besar Tipe 055, berlayar dari Laut China Timur ke Samudra Pasifik melalui Selat Miyako.

Pengerahan tersebut dimulai pada selama lima hari berturut-turut hingga Minggu (8/5), seperti dimuat ANI News.

Saat latihan berlangsung, kelompok kapal induk Liaoning berlayar perlahan mendekati pulau Taiwan.

Di samping itu, Global Times melaporkan PLA juga mengerahkan peningkatan signifikan aktivitas jet tempur ke wilayah barat daya dan tenggara Taiwan.

Sebanyak 31 pesawat tempur, termasuk pengebom H-6, jet tempur J-11 dan J-16, pesawat peringatan dini KJ-500, pesawat perang anti-kapal selam Y-8 dan pesawat perang elektronik, serta pesawat anti-Ka-28, hingga helikopter perang kapal selam ditemukan oleh otoritas pertahanan Taiwan selama periode latihan militer itu.

Sebagai tanggapan, Jepang mengirim kapal induk Izumo untuk memantau kapal induk PLA.

Selain itu, kelompok penyerang kapal induk Abraham Lincoln milik Angkatan Laut AS juga beroperasi di Laut Filipina setidaknya pada 2 Mei.

ARTIKEL LAINNYA