Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Gantikan Rusia, Republik Ceko Resmi Dilantik Masuk Dewan HAM PBB

LAPORAN: SULTHAN NABIL HERDIATMOKO
  • Selasa, 10 Mei 2022, 23:58 WIB
Gantikan Rusia, Republik Ceko Resmi Dilantik Masuk Dewan HAM PBB
Ilustrasi /Net
Menggantikan Rusia, Republik Ceko kini resmi dipilih oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke Dewan Hak Asasi Manusia yang berbasis di Jenewa.

Pada Selasa (10/5), Republik Ceko terpilih dengan 157 suara mendukung, sementara 23 negara abstain. Masa jabatannya langsung segera dimulai.

Sebelumnya, keanggotaan Rusia ditangguhkan bulan lalu atas alasan invasinya ke Ukraina dan kemudian segera dikeluarkan dari badan yang beranggotakan 47 orang itu.

Rusia telah memasuki tahun kedua dari masa jabatan tiga tahun. Republik Ceko akan menyelesaikan masa jabatan itu di dewan, namun mereka tidak dapat membuat keputusan yang mengikat secara hukum.

Meskipun begitu, keputusan Ceko di dewan HAM tetap akan membawa bobot politik, dan dapat mengizinkan penyelidikan bila diwacanakan.

Menurut pejabat Dewan HAM PBB kepada Reuters, Badan itu akan mengadakan sidang khusus di Ukraina pada Kamis ini (12/4), setelah Kyiv menyerukan peninjauan kembali situasi di sana, termasuk laporan korban massal di Mariupol.

Dilihat dari sejarah badan tersebut, Rusia merupakan negara kedua yang pernah diskors keanggotaanya, didahului oleh Libya pada 2011.

Pada saat itu, Libya dikeluarkan dengan dalih kekerasan terhadap pengunjuk rasa oleh pasukan yang setia kepada pemimpin Muammar Gaddafi.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA