Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tanggapi Latihan Defender Europe NATO 2022, Belarusia Tingkatkan Kesiapan Tempur Darat dan Udara

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 12 Mei 2022, 06:51 WIB
Tanggapi Latihan Defender Europe NATO 2022, Belarusia Tingkatkan Kesiapan Tempur Darat dan Udara
Presiden Belarus Alexander Lukashenko menghadiri latihan gabungan angkatan bersenjata Rusia dan Belarusia di lapangan tembak dekat kota Osipovichi di luar Minsk pada 17 Februari 2022/Net
Sekutu dekat Rusia, Belarusia, terus meningkatkan aktivitas militer sebagai upaya untuk meningkatkan kesiapan tempurnya.

Menteri Pertahanan Belarusia Viktor Khrenin mengumumkan pada Selasa (10/5), bahwa tindakan terbaru diambil sebagai tanggapan atas latihan Defender Europe 2022 yang digelar negara-negara anggota NATO di Polandia.

Di hari yang sama, Kementerian Pertahanan Rusia lewat saluran Telegramnya menerbitkan pidato Mayor Jenderal Viktor Gulevich saat memaparkan beberapa langkah konkret yang sudah berlangsung.

"Sebagai bagian dari tahap kedua untuk memeriksa pasukan reaksi langsung, kelompok taktis batalyon maju ke arah operasional Barat dan Barat Laut," kata Gulevich, seperti dikutip dari AP, Rabu (11/5).

“Untuk memperkuat mereka, pertahanan udara, pasukan rudal dan unit artileri sedang bergerak maju untuk memastikan fungsi tempur mereka," lanjutnya.

Seperti Menteri Pertahanan Khrenin, Gulevich membingkai langkah itu sebagai tanggapan terhadap tekanan militer Barat.

"Amerika Serikat dan sekutunya terus meningkatkan kehadiran militer mereka di dekat perbatasan negara bagian Republik Belarus," kata Gulevich.  

"Dalam enam bulan terakhir, akumulasi pasukan meningkat dua kali lipat, baik dari segi kuantitas maupun kualitas," ujarnya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA