Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Finlandia: Secepat Mungkin, Finlandia Harus Bergabung ke NATO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sulthan-nabil-herdiatmoko-1'>SULTHAN NABIL HERDIATMOKO</a>
LAPORAN: SULTHAN NABIL HERDIATMOKO
  • Kamis, 12 Mei 2022, 15:21 WIB
Presiden Finlandia: Secepat Mungkin, Finlandia Harus Bergabung ke NATO
Presiden Finlandia Sauli Niinisto /Net
rmol news logo Finlandia telah mensinyalkan dirinya untuk bergegas untuk memasuki NATO.
Hal itu dikatakan oleh Presiden Finlandia Sauli Niinisto bahwa mereka harus mendaftar untuk bergabung dengan aliansi militer NATO "dengan secepat mungkin”.
Niinisto bersama Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin mengatakan tersebut pada Kamis (12/5). Mereka menambahkan, bahwa perubahan kebijakan besar ini dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

"Finlandia harus mengajukan keanggotaan NATO tanpa penundaan," kata Niinisto dan Marin dalam sebuah pernyataan bersama, seperti dimuat Reuters.

"Kami berharap langkah nasional yang masih diperlukan untuk membuat keputusan ini akan diambil dengan cepat dalam beberapa hari ke depan," tambah mereka.

Finlandia, yang berbagi perbatasan 1.300 km dan masa lalu yang cukup rumit dengan Rusia, secara bertahap meningkatkan kerjasamanya dengan NATO sebagai mitra, sejak Rusia mencaplok Krimea pada 2014.

Tetapi sampai invasi Rusia ke Ukraina, negara Nordik itu menahan diri untuk tidak bergabung demi menjaga hubungan persahabatan dengan tetangga timurnya itu.

Pandangan orang Finlandia tentang NATO telah berubah dengan cepat setelah Rusia memulai apa yang disebutnya 'operasi khusus' di Ukraina.

Dukungan publik Finlandia untuk bergabung dengan NATO telah meningkat ke angka rekor selama beberapa bulan terakhir.

Dimuat oleh Reuters pada Kamis (12/5), jajak pendapat terbaru yang dilaksanakan oleh penyiar publik YLE menunjukkan 76 persen orang Finlandia mendukung dan hanya 12 persen menentang, sementara dukungan untuk keanggotaan dulu hanya bertahan sekitar 25 persen , sebelum perang di Ukraina terjadi selama bertahun-tahun.

Pergeseran cepat Finlandia menuju NATO kemungkinan akan menarik negara tetangga Swedia.

Partai Sosial Demokrat yang berkuasa di Swedia diperkirakan akan memutuskan pada hari Minggu ini apakah akan melepaskan keengganan mereka selama dekade terhadap keanggotaan NATO. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA