Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kremlin: Perluasan NATO Menuju Perbatasan Rusia Tidak Akan Membuat Dunia Lebih Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 13 Mei 2022, 07:15 WIB
Kremlin: Perluasan NATO Menuju Perbatasan Rusia Tidak Akan Membuat Dunia Lebih Aman
Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov/Net
rmol news logo Komitmen Finlandia untuk bergabung menjadi anggota NATO terus mendapat perhatian serius dari Pemerintah Rusia.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan,  bergabungnya Finlandia ke NATO akan menimbulkan ancaman langsung terhadap keamanan Rusia, dan bahwa penerimaan NATO terhadap keanggotaan Finlandia akan mendorong Moskow mengembangkan langkah-langkah untuk memastikan keamanan. 

“Ada instruksi saat ini dari Presiden untuk mengembangkan langkah-langkah  memperkuat sayap barat kami sehubungan dengan penguatan sayap timur NATO,” kata Peskov, seperti dikutip dari RT.

"Perluasan NATO menuju perbatasan Rusia tidak akan membuat dunia atau benua Eurasia lebih aman," tambahnya.

Pernyataan Peskov muncul setelah para pemimpin Finlandia mengumumkan komitmen mereka untuk memperoleh keanggotaan di blok militer yang dipimpin AS.

Presiden Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Sanna Marin dari Finlandia menyatakan pandangan mereka bahwa sebagai anggota NATO, Finlandia akan memperkuat seluruh aliansi pertahanan.

Kedua petinggi itu mengatakan mereka berencana untuk mengajukan permohonan resmi untuk menjadi anggota NATO pada Minggu (15/5), setelah itu surat tersebut akan diteruskan ke Parlemen untuk persetujuan akhir.

Diharapkan aplikasi itu bisa diselesaikan dan diserahkan ke NATO paling cepat Senin depan.

Finlandia, yang berperang melawan Uni Soviet pada 1939 dan 1944, mulai  mendekat ke NATO setelah aneksasi Rusia atas semenanjung Krimea di Ukraina pada  2014.  Sejak saat itu, meningkatkan kerja samanya dengan blok tersebut
rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA