Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Stoltenberg: Finlandia Mitra Terdekat NATO, Kami Menyambut Hangat Keanggotaannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 13 Mei 2022, 08:15 WIB
Stoltenberg: Finlandia Mitra Terdekat NATO, Kami Menyambut Hangat Keanggotaannya
Jens Stoltenberg, Sekretaris Jenderal NATO/Net
rmol news logo Keinginan Finlandia untuk bergabung dengan NATO mendapat sambutan positif dari kepala aliansi militer pimpinan AS tersebut, Jens Stoltenberg.

Dalam pernyataannya pada Kamis (12/5), Stoltenberg mengatakan pihaknya akan mendukung upaya negara itu untuk keanggotaan dalam aliansi militer.

“Jika Finlandia memutuskan untuk mendaftar, mereka akan disambut dengan hangat di NATO, dan proses aksesi akan lancar dan cepat,” kata Stoltenberg dalam sebuah pernyataan, menyambut keputusan Presiden Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Sanna Marin, seperti dikutip dari AFP.

"Finlandia adalah salah satu mitra terdekat NATO, demokrasi yang matang, anggota Uni Eropa, dan kontributor penting untuk keamanan Euro-Atlantik," tegas kepala NATO.

"Keanggotaan Finlandia akan memperkuat keamanan NATO dan Finlandia," ujarnya.

Para pemimpin Finlandia dalam sebuah pernyataan bersama mengumumkan niat mereka untuk mencari keanggotaan NATO "tanpa penundaan," menentang peringatan Rusia bahwa mereka tidak ingin anggota aliansi lain di perbatasan mereka.

Finlandia berbagi perbatasan 1.300 kilometer (810 mil) dengan Rusia, dan di awal Perang Dunia II, Finlandia dengan keras mempertahankan diri dari invasi Soviet.

Negara ini mempertahankan netralitas militer yang ketat selama Perang Dingin, tetapi pada tahun 1995 mereka mencapai kesepakatan kemitraan dengan NATO.

Setelah Rusia melancarkan perang melawan negara tetangga Ukraina pada 24 Februari, dukungan untuk keanggotaan NATO di Finlandia melonjak secara signifikan.

Rusia telah berulang kali mengatakan bahwa Finlandia dan tetangganya Swedia tidak boleh bergabung dengan NATO, menyebut langkah itu sebagai ancaman bagi keamanannya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA