Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kedutaan Rusia Mengecam Keputusan Saeima Latvia yang akan Merobohkan Tugu Peringatan Tentara Soviet di Riga

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 13 Mei 2022, 09:25 WIB
Kedutaan Rusia Mengecam Keputusan Saeima Latvia yang akan Merobohkan Tugu Peringatan Tentara Soviet di Riga
Monumen Peringatan Tentara Angkatan Darat Soviet yang terletak di Riga, Latvia/Net
Keputusan Saeima (parlemen Latvia) untuk menangguhkan perjanjian bilateral dengan Rusia, yang memungkinkan dirobohkannya tugu peringatan tentara Soviet di Riga, memancing reaksi Moskow.

Kedutaan Besar Rusia telah mengirimkan nota protes ke Kementerian Luar Negeri Latvia yang isinya protes keras terhadap keputusan yang dianggapnya tidak dapat dibenarkan itu.

"Kedutaan telah mengirim catatan ke Kementerian Luar Negeri Republik Latvia, yang menyatakan protes keras sehubungan dengan tindakan Saeima yang melanggar hukum," tulis kedutaan di saluran Telegram resminya, seperti dikutip dari TASS.

Kedutaan menyampaikan kemarahannya karena Saeima Latvia secara sepihak mengakhiri Pasal 13 dari perjanjian antar pemerintah Rusia-Latvia yang ditandatangani pada 30 April 1994, yang menginstruksikan pihak Latvia untuk memastikan pemeliharaan, rehabilitasi dan pelestarian memorial Soviet.

"Itu adalah langkah berbahaya dan tidak dapat dibenarkan ini. Langkah ini tidak memiliki dasar moral dan hukum dan merupakan pelanggaran berat terhadap prinsip dan aturan hukum internasional yang diakui secara universal, termasuk ketentuan perjanjian itu sendiri," lanjut kedutaan.

Saeima Latvia pada Kamis (12/5) menangguhkan pasal 13 dari perjanjian antara pemerintah Rusia dan Latvia yang ditandatangni di Moskow pada 30 April 1994, yang isinya tentang perlindungan sosial pensiunan militer Federasi Rusia dan anggota keluarga mereka yang tinggal di wilayah Republik Latvia. Bagian ini juga menyediakan perlindungan dan pemeliharaan tugu peringatan di Latvia.

Dengan ditangguhkannya pasal 13 ini, maka akan memungkinkan bagi Latvia untuk meruntuhkan tugu peringatan tentara Angkatan Darat Soviet yang terletak di Riga.

Monumen Peringatan Tentara Angkatan Darat Soviet ini diresmikan pada 5 November 1985 di Riga, yang menandai pasukan Soviet membebaskan Latvia dari penjajah Nazi.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA