Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

AS Janjikan 40 Miliar Dolar untuk Ukraina, Trump: Bantuan Eropa Lebih Sedikit

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 13 Mei 2022, 12:55 WIB
AS Janjikan 40 Miliar Dolar untuk Ukraina, Trump: Bantuan Eropa Lebih Sedikit
Mantan Presiden AS Donald Trump/Net
Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengkritik kebijakan penerusnya, Joe Biden, yang menggelontorkan lebih dari 40 miliar dolar AS sebagai bantuan ke Ukraina.

Dalam pernyataannya pada Kamis (12/5), Trump menyalahkan Eropa yang kurang berbuat lebih banyak untuk menangani masalah di kawasannya sendiri.

"Mengapa kita memberi lebih dari 40 miliar dolar AS ke Ukraina? Sementara Eropa, sebagai perbandingan, memberi sangat sedikit, dan mereka jelas lebih terpengaruh oleh invasi Rusia daripada AS," ujarnya, seperti dikutip Anadolu Agency.

Trump mengatakan dia bisa membuat negara-negara Eropa membayar bagian mereka yang adil kepada NATO dan pemerintahan Biden harus melakukan hal yang sama.

Di samping itu, Trump menyebut, lebih banyak bantuan dari AS ke Ukraina juga hanya akan membuat China "tersenyum", tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut.

AS akan mengesahkan total sekitar 60 miliar dolar AS untuk Ukraina dalam beberapa tahun terakhir jika 40 miliar dolar AS dalam RUU bantuan Ukraina melewati Senat minggu depan.

ARTIKEL LAINNYA