Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kemlu: Indonesia Siap Bantu Korut Tangani Covid-19 Jika Diminta

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 13 Mei 2022, 17:00 WIB
Kemlu: Indonesia Siap Bantu Korut Tangani Covid-19 Jika Diminta
Ilustrasi/Net
Pemerintah Indonesia siap memberikan bantuan kepada Korea Utara untuk menangani pandemi Covid-19 yang tengah merebak di sana jika memang diminta.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Sekolah Dinas Luar Negeri Kementerian Luar Negeri RI, Lintang Paramitasari yang saat ini bertanggung jawab atas diplomasi vaksin ketika ditanya.

"Sebagaimana kepada negara mitra lainnya, Indonesia tentunya siap menyalurkan bantuan dalam penanganan pandemi Covid-19 bila diminta," ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (13/5).

Mita menuturkan, Korea Utara juga termasuk ke dalam 92 negara COVAX AMX EG, di mana Indonesia menjadi salah satu co-chairs.

COVAX sendiri merupakan mekanisme untuk mengadakan dan mendistribusikan vaksin. Ini dirancang untuk mencapai kesetaraan akses vaksin bagi semua negara.

Kendati begitu, Mita mengungkap, sejauh ini belum ada pembahasan mengenai pandemi Covid-19 di Korea Utara dalam COVAX.

"Sejauh ini belum ada pembahasan," ucapnya.

Korea Utara pertama kali melaporkan kasus Covid-19 pada 12 Mei 2022, lebih dari dua tahun ketika dunia menyatakan pandemi.

Berdasarkan laporan KCNA pada Jumat (13/5), sebanyak 350 ribu orang secara nasional tercatat mengalami demam, salah satu gejala Covid-19, sejak akhir April. Namun dalam waktu singkat, sekitar 162.200 di antara mereka sudah sembuh total.

Pada Kamis, sebanyak 18 ribu orang di seluruh negeri mengalami demam. Dengan begitu, pemerintah telah memberlakukan isolasi dan perawatan untuk 187.800 orang.

Sejauh ini belum diketahui berapa banyak orang yang telah dinyatakan positif Covid-19.

Sementara itu, pada hari yang sama, Korea Utara juga melaporkan enam kematian. Salah satunya telah dinyatakan positif untuk subvarian Omicron, BA.2 yang menular.

ARTIKEL LAINNYA