Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Presiden UEA Syeikh Khalifa bin Zayed Meninggal Dunia

LAPORAN: SULTHAN NABIL HERDIATMOKO
  • Jumat, 13 Mei 2022, 19:08 WIB
Presiden UEA Syeikh Khalifa bin Zayed Meninggal Dunia
Alm. Syeikh Khalifa bin Zayed, Presiden Uni Emirat Arab /Net
Presiden Uni Emirat Arab Syeikh Khalifa bin Zayed Al-Nahyan di usia 73 tahun, dilaporkan telah meninggal dunia pada Jumat (13/5).

Media pemerintah mengatakan, dia meninggal setelah berjuang melawan penyakit selama beberapa tahun.

"Kementerian Urusan Kepresidenan turut berduka cita kepada rakyat UEA dan dunia Islam...atas meninggalnya Sheikh Khalifa bin Zayed Al-Nahyan pada Jumat, 13 Mei," kata pernyataan Kementrian Urusan Kepresidenan UEA, dimuat oleh WAM.

Kementrian itu kemudian mengumumkan 40 hari berkabung dengan bendera setengah tiang yang dimulai Jumat ini, dan meliburkan para pekerja di sektor publik dan swasta selama tiga hari pertama.

Sheikh Khalifa mengambil alih sebagai presiden kedua UEA pada November 2004, menggantikan ayahnya sebagai penguasa ke-16 Abu Dhabi, emirat terkaya di dalam federasi itu.

Dia jarang terlihat di depan umum sejak 2014, ketika dia menjalani operasi setelah terkena stroke. Namun dirinya masih terus melakukan tugas pemerintahan di balik layar.

Saudaranya, Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed, telah dilihat sebagai penguasa de facto UEA dalam beberapa tahun terakhir.

Lahir pada tahun 1948 di Wilayah Timur Abu Dhabi, Sheikh Khalifa adalah putra tertua Sheikh Zayed.

Sebelum perannya sebagai presiden, ia adalah putra mahkota Abu Dhabi dan mengepalai Dewan Perminyakan Tertinggi Abu Dhabi, yang merancang kebijakan minyak di negeri itu.

Kemudian sebagai presiden, ia memimpin salah satu dana investasi terbesar di dunia, Otoritas Investasi Abu Dhabi, mengelola aset ratusan miliar dolar AS.

Salah satu gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, mengambil namanya setelah pemerintah UEA membebaskan Dubai dari utangnya.

ARTIKEL LAINNYA