Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Menlu Latvia: Keanggotaan Finlandia dan Swedia akan Mengubah Laut Baltik menjadi Laut NATO

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 14 Mei 2022, 09:49 WIB
Menlu Latvia: Keanggotaan Finlandia dan Swedia akan Mengubah Laut Baltik menjadi Laut NATO
Menteri Luar Negeri Latvia Edgars Rinkevics/Net
Rencana Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) disambut baik Menteri Luar Negeri Latvia Edgars Rinkevics.

Berbicara dalam wawancara bersama Financial Times, Jumat (13/4), Rinkevics mengatakan negaranya menyetujui dua negara tersebut bergabung dengan NATO, mencatat bahwa penambahan mereka ke aliansi mengubah Laut Baltik menjadi Laut NATO.

Bersama dengan rekan-rekannya di Estonia dan Lithuania, Rinkevics menyatakan keinginannya untuk meratifikasi aplikasi keanggotaan kedua negara Nordik. Ketiganya mengatakan kepada Times bahwa mereka akan mendapat manfaat dari kekuatan militer Finlandia dan Swedia, khususnya armada jet tempur AS Finlandia.

Dalam pernyataannya Rinkevics berharap akan lebih banyak pasukan NATO di negaranya.

"Transformasi Baltik menjadi aset NATO tidak mengubah tuntutan kami untuk peningkatan NATO di wilayah Baltik,” kata Rinkevics.

"Masih ada masalah yang harus ditangani dan bahwa situasi keamanan saat ini membutuhkan lebih berani. rencana oleh aliansi," ujarnya.

Sementara NATO mengirim 1.000 tentara tambahan masing-masing ke Estonia, Latvia, dan Lithuania dari negara-negara anggota Eropa awal tahun ini, negara-negara tersebut telah menuntut lebih banyak, menyerukan brigade 3.000 hingga 5.000 tentara dan peningkatan pertahanan udara yang akan memungkinkan mereka menembak jatuh pesawat Rusia di kasus agresi.

Sebelum invasi ke Ukraina, Baltik mengaku khawatir tentang kemungkinan Rusia menginvasi wilayah mereka melalui celah Suwalki, wilayah perbatasan yang relatif pendek (65 km) antara Polandia dan Lituania yang diapit antara Belarus dan provinsi Kaliningrad Rusia, juga terletak di wilayah pembaptisan baru "Laut NATO".

Ketiga negara dilaporkan meningkatkan pengeluaran pertahanan mereka menjadi 2,5 persen dari PDB, dibandingkan dengan persyaratan NATO sebesar 2 persen.

Bergabungnya Finlandia dengan NATO memantik amarah Rusia, yang memperingatkan pada hari Kamis bahwa langkah tersebut akan menimbulkan ancaman langsung dan memerlukan tanggapan dari Moskow, menyusul pengumuman negara itu bahwa mereka berencana untuk bergabung dengan aliansi dan akan mengajukan aplikasi resmi secepatnya Senin depan.

Finlandia berbagi perbatasan darat 833 mil (1.340 kilometer) dengan Rusia dan sementara Helsinki telah mengakui bahwa tetangganya tidak menimbulkan ancaman langsung, keanggotaan dalam blok tersebut merupakan eskalasi langsung, menempatkan aliansi bermusuhan langsung di perbatasan Rusia.

Swedia, sementara itu, dilaporkan berencana untuk mengajukan permintaan resminya sendiri untuk bergabung dengan NATO minggu depan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA