Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Telepon Shoigu, Menhan Austin Minta Rusia Jaga Komunikasi dan Segera lakukan Gencatan Senjata di Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 14 Mei 2022, 12:21 WIB
Telepon Shoigu, Menhan Austin Minta Rusia Jaga Komunikasi dan Segera lakukan Gencatan Senjata di Ukraina
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin/Net
Situasi di Ukraina menjadi topik penting dalam percakapan telepon antara Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, pada Jumat (13/5).

Kementerian pertahanan Rusia dalam pernyataannya mengatakan bahwa pembicaraan lewat telepon itu adalah inisiatif dari AS.

"Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu melakukan pembicaraan telepon dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin atas inisiatif pihak Amerika. Kedua pihak membahas masalah keamanan internasional saat ini, termasuk situasi di Ukraina," kata kementerian itu, seperti dilaporkan TASS.

Pihak Rusia sempat menolak berbicara, menurut juru bicara Pentagon John Kirby.

Ini adalah telepon pertama antara Shoigu dan Austin selama invasi Rusia berlangsung.

Seorang pejabat AS, yang berbicara kepada wartawan dengan syarat anonim, mengatakan percakapan telepon antara kedua pemimpin berlangsung sekitar satu jam. Sayangnya, itu tidak menghasilkan harapan apa pun bagi AS. Pejabat itu menyebut, percakapan kedua pemimpin berlangsung tanpa hasil yang diinginkan AS.

Sementara Austin dalam sebuah tweet mengungkapkan bahwa AS mendesak Rusia untuk menghentikan perang dan melakukan gencatan senjata.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA