Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Siap Kirim 10.000 Tentara ke Eropa, Mayoritas Ditempatkan di Sisi Timur Blok Militer NATO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 14 Mei 2022, 14:13 WIB
rmol news logo Lebih dari 10.000 tentara Amerika Serikat akan dikirimkan ke Eropa untuk menggantikan pasukan yang dikerahkan ke wilayah itu setelah serangan Rusia ke Ukraina.

Juru bicara Pentagon John Kirby mengkonfirmasi penempatan tersebut selama konferensi pers Jumat (13/5) waktu setempat. Banyak di antara mereka yang ditempatkan di sepanjang sisi timur blok militer NATO.

“Pengerahan adalah penggantian unit satu-untuk-satu, yang akan membuat postur kekuatan kami secara keseluruhan di wilayah tersebut – sekitar 100.000 – tidak berubah,” kata Kirby, seperti dikutip dari RT, Sabtu (14/5).

“Unit yang diganti akan kembali ke stasiun asal mereka setelah pergantian tanggung jawab yang sesuai," ujarnya.

Lebih lanjut Kirby mengatakan bahwa pergantian pasukan diperkirakan akan berlanjut sepanjang musim panas.

"Namun militer dapat segera melihat jejak permanen di Eropa dan membuat penilaian tentang apakah itu harus tetap pada levelnya saat ini, meskipun belum ada keputusan yang dibuat," kata Kirby.

Sebelum Moskow mengirim pasukan ke Ukraina pada akhir Februari, pasukan AS di Eropa berjumlah sekitar 80.000, beberapa ditempatkan di sana secara permanen di pangkalan, sementara yang lain dirotasi pada penempatan pelatihan dengan mitra NATO.

Karena beberapa anggota aliansi, seperti negara Baltik, Lithuania, telah mendesak kehadiran pasukan Amerika yang lebih besar dan lebih berkelanjutan dalam beberapa bulan terakhir, para pejabat AS telah mengusulkan cara untuk memenuhi permintaan tersebut, termasuk dengan membangun pangkalan baru. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA