Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Di Hari Pelantikan, Presiden Perempuan Pertama Hongaria Kutuk Agresi Putin ke Ukraina

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 15 Mei 2022, 08:15 WIB
Di Hari Pelantikan, Presiden Perempuan Pertama Hongaria Kutuk Agresi Putin ke Ukraina
Upacara pelantikan Presiden baru Hongaria, Katalin Novak pada 14 Mei 2022/Net
Katalin Novak, presiden perempuan pertama Hongaria membuat pidato pertamanya dengan keras. Ia mengutuk invasi Rusia ke Ukraina.

Novak dilantik dalam sebuah upacara pada Sabtu (14/5), setelah meraih kemenangan telak selama pemilu 3 April. Ia adalah mantan anggota parlemen partai Fidesz dan sekutu Perdana Menteri Viktor Orban.

Di Hongaria, jabatan presiden sebagian besar hanya bersifat seremonial.

"Kami mengutuk agresi Putin, invasi bersenjata negara berdaulat. Kami mengatakan tidak selamanya untuk setiap upaya yang bertujuan memulihkan Uni Soviet," kata Novak, seperti dikutip Reuters.

Ia mengatakan, perang di Ukraina ikut mengancam Hongaria. Ia jua menekankan pentingnya untuk menyelidiki dan menghukum kejahatan perang.

Orban sendiri telah mengutuk invasi Rusia terhadap Ukraina. Tetapi ia berusaha menghindari kritik langsung terhadap Presiden Vladimir Putin dan menentang sanksi apapun terhadap energi Rusia.

Hongaria bersama Bulgaria, Republik Ceko, dan Slovakia telah sangat bergantung pada minyak Rusia. Akibatnya sulit bagi Uni Eropa untuk mencapai kesepakatan embargo migas Rusia.

ARTIKEL LAINNYA