Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Joe Biden Tunjuk Penasihat Keamanan Jadi Dubes AS untuk ASEAN

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 15 Mei 2022, 08:39 WIB
Joe Biden Tunjuk Penasihat Keamanan Jadi Dubes AS untuk ASEAN
Calon Duta Besar AS untuk ASEAN, Yohannes Abraham/Net
Presiden Joe Biden telah mencalonkan salah satu penasihat keamanannya, Yohannes Abraham sebagai Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk ASEAN.

Pencalonan Abraham dilakukan ketika Biden mengakhiri KTT ASEAN-AS yang berlangsung di Washington pada Jumat (13/5) waktu setempat.

Ditunjuknya Abraham dinilai menunjukkan upaya Biden yang lebih besar untuk menekan pengaruh China di kawasan Asia Tenggara. AS sendiri selama ini diwakili oleh chargé d'affaires di ASEAN.

Ketika mengumumkan pencalonan Abraham, Biden menyebutnya sebagai salah satu penasihat terdekatnya.

"Saya sedikit khawatir untuk mengirimnya karena dia tahu bagaimana saya berpikir. Dia tahu banyak tentang saya," canda Biden, seperti dikutip Associated Press.

Setelah dicalonkan Biden, Abraham perlu mendapatkan persetujuan di Senat.

KTT ASEAN-AS yang digelar di Washington disebut sebagai upaya Biden untuk mengekang pengaruh China di wilayah tersebut.

Selama pertemuan, AS berkomitmen memberikan 150 juta dolar AS untuk infrastruktur, maritim, dan kesehatan masyarakat di negara-negara ASEAN.

Dalam sambutannya di hadapan para pemimpin ASEAN, Biden menyebut ASEAN adalah "jantung" dari strategi kebijakan luar negerinya.

Isu mengenai Laut China Selatan yang juga menjadi titik panas antara Beijing dan Washington ikut dibahas dalam pertemuan.

"Kami berdiri bersama sekutu dan mitra kami dalam membela tatanan berbasis aturan maritim, yang mencakup kebebasan navigasi dan hukum internasional," kata Wakil Presiden Kamala Harris.

ARTIKEL LAINNYA