Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kereta Api Kargo Belarusia Dilarang Transit di Latvia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 16 Mei 2022, 07:17 WIB
Kereta Api Kargo Belarusia Dilarang Transit di Latvia
Ilustrasi/Net
Latvia telah menangguhkan perjanjian yang mengizinkan transportasi kereta api kargo militer dari Belarus ke negara ketiga melalui Pelabuhan Latvia.

Menurut situs berita Delfi, keputusan itu sebenarnya mulai diberlakukan sejak 10 Mei lalu, seperti yang diumumkan Kementerian Transportasi Latvia mengatakan pada Minggu (15/5).

Perjanjian antar pemerintah tentang pengangkutan barang-barang militer dengan kereta api dari Belarus ke negara ketiga menggunakan pelabuhan Latvia ditandatangani pada Januari 1994.  Saat itu, Latvia belum bergabung dengan Uni Eropa (UE).

Pernyataan Kementerian Transportasi Latvia mencatat bahwa pada tahun 2004 Latvia menjadi anggota UE dan NATO, oleh karena itu, sejak saat itu negara tersebut terikat oleh norma hukum organisasi internasional ini.

“Latvia bergabung dengan UE pada tanggal 1 Mei 2004, dan pada tanggal 29 Maret 2004 menjadi anggota NATO, oleh karena itu terikat oleh hukum norma-norma organisasi internasional ini dan perjanjian dengan Belarus tidak sesuai dengan aturan ini. Kami merevisi hubungan bilateral dengan Federasi Rusia dan Belarusia terkait dengan perang Rusia di Ukraina,” kata pernyataan itu.

Pada April lalu, pihak berwenang Latvia tidak mengizinkan sekitar 150 truk kargo dari Rusia dan Belarus untuk memasuki negara itu karena sanksi yang dikenakan oleh Uni Eropa.

Andrei Vaivers, perwakilan dari Layanan Pendapatan Negara, mencatat bahwa sebagian besar pengemudi yang ditahan di perbatasan tidak diberitahu tentang larangan tersebut.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA