Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Iran Krisis, Lima Pendemo Kenaikan Harga Tewas

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 16 Mei 2022, 07:32 WIB
Iran Krisis, Lima Pendemo Kenaikan Harga Tewas
Aparat Iran berjaga saat massa melakukan aksi protes pada Sabtu 14 Mei 2022/Net
Setidaknya sudah ada lima orang yang dilaporkan tewas dalam aksi protes atas melonjaknya harga pangan di Iran yang berlangsung hingga Minggu (15/5) waktu setempat.

Demonstrasi anti-pemerintah telah menyapu kota-kota Iran termasuk Dorud, Farsan, Jooneghan, Borujerd, Cholicheh, Dehdasht dan Ardebil. Beberapa aksi berujung kacau, banyak toko-toko dibakar.

Stasiun TV Internasional Iran yang didanai Saudi, mengutip posting media sosial yang belum dikonfirmasi, mengatakan bahwa sejak Jumat (13/5) sudah lima orang tewas selama protes, dengan video yang belum diverifikasi di Twitter tampaknya menunjukkan saat salah satu dari mereka ditembak.

Kematian pertama dilaporkan pada hari Jumat. Omid Soltan (21) dilaporkan ditembak mati oleh pasukan keamanan di kota barat Andimeshk. Puluhan orang telah ditangkap sejak itu.

Gelombang protes datang menyusul keputusan pemerintah untuk memotong subsidi impor pangan, sebagai bagian dari paket penghematan yang diungkapkan oleh Presiden Ebrahim Raisi awal pekan ini dengan maksud menyelamatkan ekonomi yang terpukul oleh sanksi, dan juga inflasi yang melonjak yang diperparah oleh konflik Ukraina.

Sebagai konsekuensi dari penghapusan subsidi tersebut adalah kenaikan drastis harga barang kebutuhan sehari-hari, seperti minyak goreng, ayam, telur, dan susu. Kenaikannya pun mencapai hingga 300 persen.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA