Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akan Gelar Loya Jirga, Taliban Juga Undang Ashraf Ghani ke Kabul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 16 Mei 2022, 13:34 WIB
Akan Gelar Loya Jirga, Taliban Juga Undang Ashraf Ghani ke Kabul
Mantan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani/Net
rmol news logo Taliban akan segera menggelar Loya Jirga atau majelis khusus Afghanistan di Kabul dalam waktu dekat. Kelompok itu juga turut mengundang mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani yang kabur ke luar negeri.

Hal itu diungkap oleh chrge d'affaires Taliban di Moskow, Jamal Nasser Gharwal, seperti dimuat Mehr News Agency, Senin (16/5).

"Taliban akan mengadakan Loya Jirga dalam waktu dekat. Belum diketahui apakah pertemuan itu akan menjadi Loya Jirga, tetapi persiapan sedang berlangsunng," ujarnya.

Gharwal mengatakan, pertemuan akan dilakukan dalam skala besar, dengan mengundang kehadiran para politisi Afghanistan, termasuk mereka yang kabur ketika Taliban mengambil alih kekuasaan pada pertengahan Agustus lalu.

"Politisi yang telah pergi ke luar negeri telah diundang untuk menghadiri pertemuan yang akan datang, yang juga akan mencakup mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani," terangnya.

Kehadiran Ghani juga diperkuat dengan munculnya informasi bahwa kehadirannya di Kabul telah mendapatkan jaminan dari UNAMA. Meski jurubicara Taliban, Zabihullah Mujahid telah membantah informasi tersebut.

Berdasarkan informasi yang beredar, para pemimpin Taliban telah sepakat untuk menggelar Loya Jirga atau pertemuan darurat untuk membahas berbagai isu di Afghanistan.

Penjabat Wakil Perdana Menteri Afghanistan dari Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar diperkirakan akan memimpin pertemuan tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA