Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Rusia Diduga Mulai Kerahkan Rudal Nuklir ke Perbatasan Finlandia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 16 Mei 2022, 21:37 WIB
Rusia Diduga Mulai Kerahkan Rudal Nuklir ke Perbatasan Finlandia
Rudal Iskander/Net
Rusia diduga sudah mulai memindahkan rudal berkemampuan nuklir menuju perbatasannya dengan Finlandia. Itu dilakukan setelah Finlandia mengumumkan niatnya untuk bergabung dengan NATO.

Sebuah video yang tersebar pada Senin (15/5) menunjukkan yang diduga rudal Iskander sedang dimobilisasi dari jalan raya menuju Vyborg, kota di Rusia bagian barat yang dekat dengan perbatasan Finlandia.

Muncul juga keterangan yang tidak terverifikasi bahwa tujuh sistem rudal balistik sedang dikerahkan ke kota tersebut.

Rekaman itu muncul segera setelah Finlandia secara resmi mengumumkan proposalnya untuk bergabung dengan NATO, seperti dimuat Mirror.

Televisi pemerintah Rusia sebelumnya mengatakan Moskow akan mengerahkan senjata nuklir ke perbatasan Eropa jika negara-negara NATO mendirikan pangkalan militer di Finlandia dan Swedia.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah berulang kali memperingatkan Finlandia dan Swedia agar tidak bergabung dengan NATO.

Namun pada Minggu malam (15/5), para pemimpin Finlandia dan Swedia mengkonfirmasi niat mereka untuk bergabung dengan NATO.

Baik Finlandia dan Swedia telah mempertahankan diri sebagai negara yang non-blok secara militer selama berdekade-dekade. Keduanya menyebut, keputusan untuk bergabung dengan NATO didasarkan pada invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari lalu.

ARTIKEL LAINNYA