Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gantikan Jean Castex, Emmanuel Macron Tunjuk Elisabeth Borne sebagai Perdana Menteri Prancis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 17 Mei 2022, 07:32 WIB
Gantikan Jean Castex, Emmanuel Macron Tunjuk Elisabeth Borne sebagai Perdana Menteri Prancis
Elisabeth Borne/Net
rmol news logo Lebih dari sepekan setelah memenangkan kembali jabatannya sebagai Presiden Prancis, Emmanuel Macron menunjuk Elisabeth Borne sebagai Perdana Menteri baru pada Senin (16/5) waktu setempat, menggantikan Jean Castex yang sebelumnya menguburkan diri.

Borne (61) menjadi wanita kedua yang memegang posisi itu dalam sejarah Prancis setelah Edith Cresson antara Mei 1991 dan April 1992 di bawah presiden Francois Mitterrand.

"Saat itu ada pilihan sosok wanita lain (dalam posisi itu) dan saya tahu Nyonya Borne adalah orang yang luar biasa dengan banyak pengalaman. Saya pikir itu adalah pilihan yang sangat baik," kata Cresson mengomentari penunjukkan Borne, seperti dikutip dari AFP, Selasa (16/5).

Borne memiliki banyak pengalaman dalam politik dan pemerintahan. Ia memiliki tugas singkat sebagai menteri lingkungan pada tahun 2019 ketika ia mendorong kebijakan ramah sepeda.

Dia kemudian mengambil alih Kementerian Tenaga Kerja dan mengawasi negosiasi dengan serikat pekerja yang menghasilkan pemotongan tunjangan pengangguran untuk beberapa pencari kerja.

Pengetahuan mendalam Borne tentang cara kerja negara akan membantu Macron mendorong reformasi yang lebih sulit.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA