Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Sukses Uji Coba Rudal Hipersonik, Mampu Terbang Lima Kali Lebih Cepat dari Suara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 17 Mei 2022, 11:39 WIB
AS Sukses Uji Coba Rudal Hipersonik, Mampu Terbang Lima Kali Lebih Cepat dari Suara
Ilustrasi/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) berhasil melakukan uji coba senjata hipersonik, Air-launched Rapid Response Weapon (ARRW). Rudal mampu terbang dengan kecepatan lima kali kecepatan suara.

Lewat pernyataan yang dirilis pada Senin (16/5), Angkatan Udara AS melaporkan telah melakukan uji coba di lepas pantai California Selatan pada Sabtu (14/5).

Selama uji coba, pesawat pembom B-52 melepaskan ARRW. Rudal kemudian bermanuver di tengah perjalanan, membuatnya jauh lebih sulit untuk dilacak dan dicegat daripada proyektil biasa.

"Setelah pemisahan dari pesawat, booster ARRW menyala dan terbakar selama durasi yang diharapkan, mencapai kecepatan hipersonik lima kali lebih besar dari kecepatan suara," kata Angkatan Udara AS, seperti dikutip TRT World.

Rudal ARRW sendiri dimungkinkan membawa hulu ledak konvensional atau nuklir.

AS tidak sendirian dalam mengembangkan senjata hipersonik. Rusia dan China juga telah mengembangkan dan menguji coba senjata yang sama.

Di samping itu, Korea Utara mengklaim telah melakukan dua uji coba rudal hipersonik pada Januari. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA