Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Lobi Pemerintahan PM Modi, Mesir Dikecualikan dari Larangan Ekspor Gandum India

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 17 Mei 2022, 14:19 WIB
Lobi Pemerintahan PM Modi, Mesir Dikecualikan dari Larangan Ekspor Gandum India
Ilustrasi/Net
Pemerintah Mesir berhasil mengamankan kesepakatan pembelian gandum dari larangan ekspor yang baru-baru ini diumumkan oleh pemerintahan Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Menteri Pasokan Mesir, Ali Moselhy mengatakan pihaknya telah melakukan lobi dengan pemerintah India sehingga dapat dikecualikan dari larangan tersebut.

"Untuk India, kami telah berbicara dengan mereka berdasarkan kesepakatan pemerintah. Larangan itu mengecualikan pemerintah termasuk pemerintah Mesir," ujar Moselhy, seperti dikutip The National.

Mesir merupakan importir gandum terbesar di dunia. Biasanya Mesir membeli gandum dari tender internasional. Tetapi sejak Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina, harga gandum global naik dan mengganggu pasokan Mesir.

Alhasil Mesir berusaha mendapatkan pasokan dengan melakukan pembicaraan bersama India, Australia, Kazakhstan, dan Prancis.

India sendiri mengumumkan larangan ekspor gandum setelah menghadapi gelombang panas yang membatasi produksi, sementara harga di pasar domestik mencapai rekor tertinggi.

Kendati begitu, India mengatakan masih akan mengizinkan ekspor yang didukung oleh letter of credit yang telah diterbitkan, dan tetap menjual ke negara-negara yang sangat membutuhkan.

ARTIKEL LAINNYA