Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kumpulkan Bukti Penyerangan Pelayat Shireen Abu Akleh, RS di Yerusalem Akan Tuntut Polisi Israel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 17 Mei 2022, 19:18 WIB
Kumpulkan Bukti Penyerangan Pelayat Shireen Abu Akleh, RS di Yerusalem Akan Tuntut Polisi Israel
Penyerangan polisi Israel terhadap pelayat jurnalis Al Jazeera, Shireen Abu Akleh/Net
rmol news logo Rumah sakit di Yerusalem berencana untuk menuntut polisi Israel karena telah melakukan penyerbuan selama pemakaman jurnalis Al Jazeera, Shireen Abu Akleh pada Jumat (13/5) lalu.

Direktur Saint Joseph French Hospital, Jamil Koussa mengatakan saat ini pihaknya sedang mengumpulkan dokumen dan foto yang membuktikan serangan Israel terhadap pelayat untuk menuntut mereka.

"Pasukan Israel bersikeras memukul dan menggunakan kekerasan terhadap orang-orang damai yang tidak menimbulkan bahaya bagi mereka, melanggar semua hukum kemanusiaan," ujar Koussa, seperti dikutip The New Arab.

"Rumah sakit tidak akan mentolerir polisi Israel, terlepas dari hasilnya," imbuhnya.

Pada Jumat, puluhan polisi Israel memukul dan menembakkan peluru karet ke pelayat Palestina saat mereka memberikan penghormatan terakhir kepada Abu Akleh.

Ribuan warga Palestina juga ikut ambil bagian dalam pemakaman Abu Akleh di berbagai kota, mulai dari Jenin, Nablus, dan Ramallah pada pekan lalu.

Pada Kamis (12/5), jenazah Abu Akleh tiba di Yerusalem, kampung halamannya.

Ketika pelayat meninggalkan rumah sakit membawa peti mati Abu Akleh, lusinan pasukan polisi Israel menyerbu halaman rumah sakit dan menembakkan granat kejut sambil menyerang pelayat secara fisik, memaksa mereka mundur.

Warga Palestina setempat membagikan sejumlah video dan foto di media sosial. Semuanya menyoroti penggunaan kekerasan terhadap pelayat, yang memicu luka-luka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA