Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dubes Rosan Roeslani Pastikan Kabar Dokumen Rahasia Jokowi Tertinggal di Amerika Serikat Hoax

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 17 Mei 2022, 20:20 WIB
Dubes Rosan Roeslani Pastikan Kabar Dokumen Rahasia Jokowi Tertinggal di Amerika Serikat Hoax
Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Perkasa Roeslani/Net
Beredarnya kabar tentang dokumen rahasia Presiden Joko Widodo tertinggal di Amerika Serikat setelah mengikuti rangkaian KTT Khusus ASEAN-AS di Washington DC, Amerika Serikat, ternyata hoax.

Ketidakbenaran kabar tersebut disampaikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Perkasa Roeslani, saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (17/5).

"Ini hoax," ujar Rosan singkat menegaskan kabar yang beredar dalam sebuah video berdurasi 2.22 menit yang diposting kanal Youtube Kajian Online adalah tidak benar.

Rosan memastikan, keterangan yang disampaikan seorang yang berbicara di dalam video yang beredar sama sekali tidak benar.

Misalnya seperti yang disebutkan bahwa Paspampres panik berkas rahasia Pak Jokowi tertinggal di Hotel Ritz-Carlton, Washington DC, Amerika Serikat.

Bahkan, soal keterangan dari pihak pemerintah Indonesia yang diklaim oleh pembuat video sebagai keterangan resmi yang disampaikan Dubes RI untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani.

Dalam video tersebut Rosan seolah-olah menyatakan, "Pemerintah Indonesia merasa kecewa, karena berkas penting tersebut tidak langsung diserahkan kepada Kedutaan Besar Indonesia, dan malah dialihkan ke otoritas keamanan AS. Hal ini bisa berbahaya karena dokumen tersebut menyimpan berbagai rahasia suatu negara, dan pemerintah AS seharusnya menghormati kedaulatan Indonesia".

"Tidak ada dokumen yang tertinggal. Dan saya tidak pernah memberikan pernyataan seperti itu," demikian Rosan Roeslani.

ARTIKEL LAINNYA