Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Aksi Demo Iran Berlanjut dan Menyebar ke Provinsi Tengah, Tuntut Presiden Ebrahim Raisi Turun

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 18 Mei 2022, 06:46 WIB
Aksi Demo Iran Berlanjut dan Menyebar ke Provinsi Tengah, Tuntut Presiden Ebrahim Raisi Turun
Presiden Iran Ebrahim Raisi/Net
Iran kembali memanas. Protes terbaru, yang dipicu oleh kenaikan tajam harga makanan pokok sejak beberapa hari sebelumnya, kini berubah menjadi demo politik, di mana para pengunjuk rasa meneriakkan pergantian pemerintahan dan meminta Presiden Ebrahim Raisi turun.

Pengunjuk rasa di beberapa kota di Iran memenuhi jalan-jalan pada Selasa (17/5). Mereka meneriakkan yel yel 'Matilah diktator' dan 'Matilah Raisi'.

Video yang beredar di media sosial menggambarkan protes pecah di kota Golpayegan, provinsi tengah Iran Isfahan. Mereka mengutuk otoritas tertinggi Iran, Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei, serta Presiden Ebrahim Raisi, seperti dilaporkan Alarabiya, Selasa.

Protes juga pecah di kota-kota lain seperti Khuzestan, Lorestan, Charmahal dan Bakhtiari, sejak pemerintah mengumumkan kenaikan harga bahan pokok seperti minyak goreng, ayam, telur dan susu, hingga 300 persen.

Protes memanas, di mana aparat mengeluarkan tembakan peringatan karena rombongan pendemo terus merangsek ke arah gedun pemerintahan.  

Aktivis telah melaporkan setidaknya enam kematian sejak protes dimulai pekan lalu, menyalahkan pasukan keamanan atas kematian tersebut.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA