Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ukraina: Kami Tak Akan Menukar Kedaulatan Wilayah untuk Perdamaian dengan Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 18 Mei 2022, 12:31 WIB
Ukraina: Kami Tak Akan Menukar Kedaulatan Wilayah untuk Perdamaian dengan Rusia
Anggota delegasi Ukraina, Mykhailo Podolyak/Net
rmol news logo Ukraina menegaskan tidak akan mengorbankan kedaulatan wilayahnya untuk mencapai kesepakatan damai dengan Rusia.

Hal itu ditegaskan oleh anggota delegasi Ukraina, Mykhailo Podolyak ketika berbicara dalam negosiator damai dengan Rusia, seperti dimuat kantor berita Ukrinform pada Selasa (17/5).

"Secara ideologis tidak dapat diterima bagi kami untuk memberikan sesuatu kepada Federasi Rusia dan berpura-pura bahwa itu adalah semacam perang yang mudah," kata Podolyak.

Podolyak mencatat banyak warga sipil Ukraina terbunuh atau diserang sehingga konflik, sehingga tidak mungkin bagi Ukraina untuk membuat konsesi ke Rusia.

Ukraina, lanjut dia, tidak akan menyetujui gencatan senjata dengan Rusia kecuali Moskow menarik pasukannya.

Dia juga mengesampingkan penandatanganan kesepakatan dengan Rusia yang mirip dengan perjanjian damai Minsk karena hanya akan mengarah pada perang dingin, bukan perdamaian yang berkelanjutan.

Kesepakatan Minsk dicapai pada September 2014 dan Februari 2015. Isinya menguraikan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengakhiri konflik di wilayah timur Ukraina, Donbas, yang dimulai pada April 2014.

Pada hari yang sama, Podolyak mengatakan proses negosiasi antara Ukraina dan Rusia telah ditangguhkan. Tetapi dia juga mengaku yakin bahwa pembicaraan damai akan dilanjutkan.

Ukraina dan Rusia mengadakan putaran terakhir pembicaraan damai tatap muka mereka di Istanbul, Turki, pada 29 Maret. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA