Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Dukungan Total Macron untuk Zelensky, Prancis Siap Kirim Senjata Segera ke Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 18 Mei 2022, 13:43 WIB
Dukungan Total Macron untuk Zelensky, Prancis Siap Kirim Senjata Segera ke Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
Jaminan dukungan penuh Prancis untuk Ukraina disampaikan Presiden Emmanuel Macron kepada Presiden Volodymyr Zelensky.

Kepada Zelensky, Macron dalam pernyataannya pada Selasa (16/5) mengatakan bahwa pengiriman senjata Prancis ke Ukraina akan meningkat dalam beberapa hari mendatang dan mengatakan negaranya siap untuk menanggapi permintaan bantuan tambahan.

“(Macron) mengkonfirmasi bahwa pengiriman senjata dari Prancis akan berlanjut dan meningkat intensitasnya dalam beberapa hari dan minggu mendatang,” kata pernyataan kantor kepresidenan Elysee setelah Macron berbicara dengan Zelensky melalui telepon, seperti dikutip dari AFP, Rabu (17/5).

Prancis pekan lalu memasok 13 kendaraan untuk layanan darurat dan telah memberikan 800 ton bantuan kemanusiaan sejak Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina pada akhir Februari.

Pernyataan Elysee mengatakan kedua presiden berbicara tentang jaminan keamanan yang dapat diberikan Prancis untuk Ukraina sebagai bagian dari penyelesaian internasional yang akan menghormati integritas teritorial Ukraina.

Kedua pemimpin juga membahas cara-cara untuk memungkinkan Ukraina melanjutkan ekspor biji-bijian yang mengalami pemblokiran.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA