Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jepang Izinkan Tepco Buang Air Limbah Nuklir Fukushima ke Laut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 18 Mei 2022, 15:00 WIB
Jepang Izinkan Tepco Buang Air Limbah Nuklir Fukushima ke Laut
Illustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah Jepang telah memberikan izin kepada Tokyo Electric Power (Tepco) untuk melepaskan air limbah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima ke laut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Otoritas Regulasi Nulir (NRA) memberikan persetujuan awalnya pada Rabu (18/5). NRA berencana membuat keputusan tentang persetujuan akhir setelah periode komentar publik selama satu bulan.

Pengumuman tersebut kembali memicu kekhawatiran dari komunitas nelayan dan negara-negara tetangga, seperti China dan Korea Selatan.

Pada 2021, pemerintah Jepang menyetujui pelepasan lebih dari 1 juta ton air iradiasi dari lokasi setelah pengolahan ke laut, mulai sekitar musim semi 2023.

Tepco berencana menyaring air yang terkontaminasi untuk menghilangkan isotop, dan hanya menyisakan tritium, isotop radioaktif hidrogen yang sulit dipisahkan dari air.

Tepco kemudian akan mengencerkan air sampai kadar tritium turun kurang dari 1/40 dari batas peraturan, sebelum memompanya ke laut.

Bahkan setelah persetujuan NRA, Tepco masih perlu mendapatkan persetujuan dari masyarakat setempat, termasuk gubernur dan walikota serta nelayan.

Pemerintah Jepang dan Tepco telah mengindikasikan bahwa fasilitas baru akan selesai pada pertengahan April tahun depan, dengan tujuan mulai beroperasi sekitar musim semi 2023.

Sebelum memberikan persetujuan awal, NRA telah melihat berbagai faktor seperti kinerja peralatan untuk mengencerkan air dengan air laut, bagaimana menghentikan pelepasan air jika terjadi kelainan dan tindakan pencegahan terhadap gempa bumi dan tsunami. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA