Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Telepon Xi Jinping, Ferdinand Marcos Jr Janji Pererat Hubungan Filipina-China

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 18 Mei 2022, 17:41 WIB
Telepon Xi Jinping, Ferdinand Marcos Jr Janji Pererat Hubungan Filipina-China
Presiden terpilih Filipina, Ferdinand Marcos Jr/net
Presiden terpilih Filipina Ferdinand Marcos Jr telah menyatakan komitmennya untuk mempererat hubungan dengan China ke level yang lebih tinggi.

Itu dibuktikan dengan panggilan telepon yang dilakukan oleh Marcos Jr dengan Presiden China Xi Jinping pada Rabu (18/5), kurang dari sepekan setelah ia memenangkan pemilu.

Marcos mengatakan, panggilan telepon tersebut sangat substansial, di mana ia dan Xi sepakat untuk mengadakan diskusi komprehensif atas berbagai isu.

"Ke depannya adalah untuk memperluas hubungan kami bukan hanya diplomatik, bukan hanya perdagangan, tetapi juga dalam kultur, bahkan edukasi, pengetahuan, kesehatan hingga membahas berbagai ketidaksepakatan yang kami miliki saat ini," kata Marcos, seperti dikutip Reuters.

"Saya mengatakan kepadanya (Xi), kami tidak boleh membiarkan konflik dan kesulitan yang kami miliki," tambahnya.

Hubungan antara China dan Filipina telah pasang surut dalam beberapa tahun terakhir. Filipina yang awalnya dikenal sebagai bagian dari satelit Amerika di Asia kemudian berubah haluan di bawah pemerintahan Presiden Rodrigo Duterte.

Namun perselisihan antara Manila dan Beijing di Laut China Selatan membuat hubungan keduanya kembali memanas.

Macros sendiri memenangkan pemilihan presiden dengan mengamankan 59 persen suara. Putra mendiang diktator Ferdinand Marcos akan dilantik pada 30 Juni.

ARTIKEL LAINNYA